Hubungan Celebrity Endorser ”Aliando” sebagai Stiker Line dengan Minat Menggunakan Stiker (Studi Korelasional Mengenai Hubungan Penggunaan Celebrity Endorser “Aliando” sebagai Stiker Line dengan Minat Siswa-Siswi SMA Alfa Centauri dalam Menggunakan Stiker)

Ariel Rachmat Wijaya, Satya Indra Karsa

Abstract


Abstract. Consumers are increasingly selective with the presence of assistive technologies enable consumers to receive information and knowledge about the existence of a product quickly, the marketing strategy that the company can do is to do the promotional mix is one of them through advertising by using celebrity endorser.This is promotional measures undertaken by the media LINE one with a sticker facial animation using celebrity to attract users.The aim of research to determine the relationship between the use of celebrity endorser "Aliando" against the interests of high school students in the use of Alpha Centauri Bandung Line stickers.The method used in this research is correlational with the aim of examining the extent to which the relationship to one of the factors associated with variations in other factors.Then ,the results obtained can describe the relationship between celebrity endorser to use stickers line by high school students Alfa Centauri Bandung.Based on research results illustrate there is a strong relationship between celebrity endorser with the interests of high school students in the Alpha Centauri using stickers.

 

Abstrak. Konsumen semakin selektif dengan keberadaan teknologi pendukung membuat konsumen dapat menerima informasi serta pengetahuan tentang keberadaan suatu produk dengan cepat, Strategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan melakukan bauran promosi yaitu salah satunya melaui iklan dengan menggunakan celebrity endorser.Inilah langkah promosi yang dilakukan dengan media LINE salah satunya dengan menggunakan stiker animasi dengan menggunakan wajah celebrity untuk menarik minat penggunanya.Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara penggunaan celebrity endorser “Aliando” terhadap minat siswa-siswi SMA Alfa Centauri Bandung dalam menggunakan stiker Line.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasional dengan tujuan meneliti sejauh mana hubungan pada satu faktor berkaitan dengan variasi pada faktor lain. Kemudian hasil yang didapat dapat menggambarkan hubungan antara celebrity endorser terhadap menggunakan stiker line oleh siswa-siswi SMA Alfa Centauri Bandung.Berdasarkan hasil penelitian menggambarkan terdapat hubungan yang kuat antara celebrity endorser dengan minat siswa-siswi SMA Alfa Centauri dalam menggunakan stiker.


Keywords


Celebrity endorsers, Line Messenger, Interests

References


Ardial.2014.Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi.Jakarta:PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cetakan kesembilanbelas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Contoh Analistik Statistik. Bandung: Rosdakarya.

Darmawan, Deni. 2013. Metode penelitian kuantitatif. Bandung : PT. Remaja

Effendy,Onong Uchjana.2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Husein Umar. (2005). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan Keempat. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Husein Umar, 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan , Jakarta : PT RajaGrafindo.

Kotler, Keller. 2008. Manajeman pemasaran edisi 13 jilid 1 , Jakarta : Erlangga

Mappiare Andi.1982.Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Morissan. (2007). Periklanan dan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Cetakan Pertama. Tangerang: Ramdina Prakarsa.

Mowen, John, C., dan Minor, M.,(2002), Perilaku Konsumen Jilid 1, Edisi Kelima (terjemahan), Erlangga, Jakarta

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Dengan

Rosdakarya.

Royan, Frans M. 2004. Marketing Selebrities. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Shimp, Terence, A. 2007, Peiklanan, Promo, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Kelima, Diterjemahkan oleh Revyani Sjahrial dan Dyah, Jakarta. Airlangga

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Suryani, Tatik, 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Graha Ilmu.




Flag Counter