Strategi Event Liga Lapangbola dalam Mengembangkan Sepakbola Amatir

Michael Novan Clauss, Satya Indra Karsa

Abstract


Abstract. Liga Lapangbola is presented through a more modern system, and aims to be a place for amateur football players to show their talents and improve their skills so as to encourage higher accomplishment for amateur football players. Liga Lapangbola delivers all information as a whole, all forms of match information can be accessed digitally through the website and application lapangbola.com including the schedule of each match, so that it can make it easier for supporters and players or league participants to obtain information. Liga Lapangbola is classified as an event. An event is an activity held to commemorate important things throughout human life, either individually or in groups that are bound by customs, culture, tradition and religion which is held for certain purposes and involves the community environment and is held at a certain time (Noor, 2013: 8). Liga Lapangbola is included in the type of Sport Event. The importance of organizing a sport event is that it has a positive impact on the development of society and increases personal abilities to manage and look for creative ways to develop things that were not thought of before (Noor, 2013: 19). This study examines the event strategy applied by the Liga Lapangbola with reference to the event management model of Golblatt. The purpose of this research is to examine the strategy of the Lapangbola League event in developing amateur football which includes event planning, the obstacles faced in implementing the event and the reasons why the Liga Lapangbola event aims at amateur football players. This research uses qualitative methods with a case study approach. The technique of collecting data comprises in-depth interviews with several persons involved in the implementation of the Lapangbola League event and literature study.

Keywords: Strategy, Event, Football Field League, Amateur Football

Abstrak. Liga Lapangbola dikemas dengan sistem yang lebih modern, dan bertujuan untuk menjadi wadah bagi pemain sepakbola amatir untuk menunjukan bakat dan meningkatkan skill sehingga mendorong prestasi bagi pemain sepakbola amatir.  Liga Lapangbola menyampaikan semua informasi secara keseluruhan semua bentuk informasi pertandingan dapat di akses secara digital melalui website dan aplikasi lapangbola.com. Termasuk jadwal setiap pertandingan, Sehingga dapat memudahkan suporter maupun pemain atau peserta liga dalam memperoleh informasi. Liga Lapangbola termasuk ke dalam sebuah event. Event merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati hal-hal penting sepanjang hidup manusia baik secara individu atau kelompok yang terikat secara adat, budaya, tradisi dan agama yang diselenggarakan untuk tujuan tertentu serta melibatkan lingkungan masyarakat yang diselenggarakan pada waktu tertentu (Noor,2013:8). Pentingnya penyelenggaraan sport event berdampak positif pada perkembangan masyarakat dan meningkatkan kemampuan personal untuk mengelola, mencari cara-cara kreatif mengembangkan hal yang tidak terpikirkan sebelumnya (Noor,2013:19). Dalam penelitian ini akan meneliti mengenai strategi event yang di lakukan oleh Liga Lapangbola dengan mengacu pada model management event dari Golbatt. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi event Liga Lapangbola dalam mengembangkan sepakbola amatir yang meliputi perencanaan event, hambatan yang di hadapi dalam pelaksanaan event dan alasan mengapa event Liga Lapangbola diperuntukan bagi pemain sepakbola amatir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumputan data melalui wawancara mendalam dengan bebebrapa narasumber yang terlibat dengan pelaksanaan event Liga Lapangbola serta studi kepustakaan. Hasil Penelitian ini yaitu Proses event Liga Lapangbola yaitu melipuliti pengembangan dunia digital untuk pesepak bola amatir, mengubah mindset sepakbola sebagai gaya hidup,  pemilihan vanue yang strategis dan penyajian data, stakeholder yang terlibat dan sponsor dan melakukan evaluasi secara rutin dan langsung. Hambatan dalam pelaksanaan event Liga Lapangbola yaitu hambatan secara financial dan sumber daya manusia. Alasan Liga Lapangbola diperuntukan bagi pemain sepak bola amatir yaitu untuk memberikan pengalaman baru bagi pesepakbola amatir, mengembangkan pesepak bola amatir melalui dunia digital dan mengenalkan aplikasi digital berbasis web.

Kata Kunci: Strategi, Event, Liga Lapangbola, Sepakbola Amatir


Keywords


Strategi, Event, Liga Lapangbola, Sepakbola Amatir

Full Text:

PDF

References


Goldblatt, Joe. 2013. Special events. Third edition. New York: John Wiley and Sons..

Noor, A. 2013. Manajemen Event. Bandung: Alfabeta.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. 2009.Teori Komunikasi. Jakarta:Salemba Humanika.

Feliza Zubair, Dara Anjani Shahidah. 2017. “Kajian Menejemen Special Event Goldblatt Dalam Road Show Santri Sehat Oleh Pt. Bio Farma” Dalam Jurnal Manajemen Vol 13 No . 1 (Hal.36-51)

Ramadiansyah Surya, Chaerowati Dede Lilis. (2021). Pemasaran Interaktif melalui Media Sosial sebagai Sarana Promosi Applecoast Clothing. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 1-9




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.31529

Flag Counter