Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan

M Hafiz Ghifari

Abstract


Jumlah wisatawan di Kabupaten Bintan mulai dari tahun 2012 hingga 2014 selalu terjadi peningkatan, tentunya keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan. Promosi pariwisata Bintan pernah dilakukan dengan kegiatan komunikasi pemasaran melalui iklan, event, dan personal selling. Penelitian tersebut dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana strategi kegiatan komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan melalui Iklan, event, dan personal selling.

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kenapa Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan memilih event sebagai kegiatan komunikasi pemasaran.

Metodologi penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian adalah Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan karena mempunyai sumber data yang akurat. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.


Keywords


Strategi, Integrated Marketing Communication (IMC), Iklan, Event, Personal Selling

References


Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta; Erlangga

Rangkuti, Fraddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Steven, P. Ruth. 2005. Trade Show and Event Marketing. South-western: Thomson Corporation.

Philip Kotler dan Kevin L. Keller.2008. Manajemen Pemasaran edisi ketiga belas jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan ; Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3126

Flag Counter   Â