Hubungan Komunikasi Empatik Dosen Wali dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa

Difa Lugina Alhasan, Anne Maryani

Abstract


Abstract. Empathic communication is one of the key elements of the communication process. This is because of contact with both the feelings of communicator and the community. And anxiety is one of the most common feelings of human beings, including those within the sphere of education of teachers and students. In the draft of this thesis, it has come to know the relationship of guardian teachers' interests at the student's point of view, patient, calm, free prejudice, sensitive attitude, and understanding teacher with a level of student anxiety and communications science and the business economics of the bandung university whose background is due to a phenomenon of anxiety felt by typical seniors. In this sphere, guardian teachers also have an important role that can help the student's condition through empathic communication carried out during guardianship. As for the research methods used are corrosive with a quantitative approach. The data-collection techniques used in this study are by observation, library study, and dissemination of questionnaires. The population used by researchers is a graduated student at the ministry of communications science and business economics school of the bandung islamic university 2017 with a sample sampling technique that is a simple random sampling. As for the technical analysis used is a descriptive analysis.

Keywords: Empathic Communication, Teacher of the Guardian, Student Anxiety.

Abstrak. Komunikasi empatik merupakan salah satu unsur penting dalam proses komunikasi. Hal itu karena bersinggungan dengan perasaan komunikator maupun komunikannya. Dan cemas merupakan salah satu perasaan yang paling sering dialami oleh manusia, termasuk dalam lingkup pendidikan yaitu dosen dan mahasiswa.  Dalam penyusunan skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan ketertarikan dosen wali pada sudut pandang mahasiswa, sikap sabar, sikap tenang, bebas prasangka, sikap sensitif, dan sikap penuh pengertian dosen wali dengan tingkat kecemasan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Islam Bandung yang dilatar belakangi karena adanya fenomena kecemasan yang dirasakan oleh mahasiswa tingkat akhir pada umumnya. Dalam ruang lingkup ini, dosen wali juga memiliki peran penting yang dapat membantu kondisi mahasiswa melalui komunikasi empatik yang dilakukan saat perwalian berlangsung. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, studi pustaka, dan menyebarkan angket atau kuesioner. Populasi yang digunakan peneliti adalah mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ilmu Komunikasi dan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Islam Bandung 2017 dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Adapun teknik analisis yang digunakan ialah analisis deskriptif. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang kuat antara komunikasi empatik dosen wali dengan tingkat kecemasan mahasiswa.

Kata Kunci: Komunikasi Empatik, Dosen Wali, Kecemasan Mahasiswa.


Keywords


Komunikasi Empatik, Dosen Wali, Kecemasan Mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Abubakar, F. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap. Jurnal Pekommas, 53-61.

Ardianto, E. (2010). Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualilatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Azwar, S. (1997). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya Edisi 2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Mc Donald, P. (2009). Sehatkah Jiwa dan Kepribadian Anda?. . Jogjakarta: Mirza Media Pustaka.

West, R. &. (2008). Pengantar Teori Komunikasi, Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika. .

Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi, Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Press.

Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia Edisi Kelima. Tangerang Selatan: KARISMA Publishing Group (Bahasa Indonesia).

Dr. Jalalludin Rakhmat, M. D. (2019). Metode Peneltian Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Hastjarjo, D. (2005). Sekilas Tentang Kesadaran (Consciousness). Buletin Psikologi, Volume 13, No. 2, 80.

Ibrahim, I. S. (2004). Sirnanya Komunikasi Emoatik Krisis Budaya Komunikasi dalam Masyarakat Kontemporer. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Indonesia, B. P. (2016). Retrieved 2020, from KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Intan Puspitasari, D. E. (2018). Strategi Parent-School Partnership: Upaya Preventif Separation Anxiety Disorder Pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 49.

James B. Stiff, e. a. (2015). Empathy, communication, and prosocial behavior. Communication Monographs, 199.

Khotimah, I. A. (2020). Bimbingan Konseling Melalui Komunikasi Empatik Berdasarkan Nilai-Nilai Islam. Jurnal Qurroti, 34.

Komunikasi, P. &. (n.d.). Visi, Misi, Tujuan. Retrieved Juli 25, 2020, from Fakultas Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Public Relations: https://fikom.unisba.ac.id/

M Yusuf, d. (2018). Sabar dalam Perspektif Islam dan Barat . AL-MURABBI Volume 4, Nomor 2, , 285.

Milton Pantow, d. (2017). POLA KOMUNIKASI ANTAR PERSONA DOSEN DENGAN MAHASISWA DALAM MENENTUKAN KEBERHASILAN MAHASISWA (STUDI PADA AKADEMI KEPERAWATAN BETHESDA TOMOHON). Acta Diurna Komunikasi .

Morissan, M. (2016). Psikologi Komunikasi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Muhammad Solih Nst, d. (2018). PENGARUH PENULISAN SKRIPSI TERHADAP SIMTOM DEPRESI DAN SIMTOM KECEMASAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA ANGKATAN 2014 . Ibnu Sina Biomedika , 85.

Nasehudin. (2015). Pembentukan Sikap Sosial Melalui Komunikasi Dalam Keluarga. Jurnal Edueksos Volume IV No 1, 5.

Prof. Dr. Alo Liliweri, M. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Bisa. Jakarta: Kencana.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sarwono, S. (2006). Psikologi Prasangka Orang di Indonesia; Kumpulan Studi Empirik Prasangka Dalam Berbagai Aspek Kehidupan Orang Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setiawati, L. (n.d.). Hakikat Menyimak. Menyimak.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, P. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualilatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, d. (2013). Anak Dan Kemampuannya Dalam Belajar . Yogyakarta.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi . Bandung: Pustaka Setia.

Witrin Gamayanti, d. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi . PSYMPATHIC : Jurnal Ilmiah Psikologi .

Desfiana Muhamad Fauzi Rohimat, Karsa Satya Indra. (2021). Hubungan Penggunaan Instagram Simamaung dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 16-22




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.31006

Flag Counter   Â