Pengaruh Terpaan Media Streaming Musik terhadap Minat Dengar pada Mahasiswa Kota Bandung

Muhammad Ganesh Musyaffa Ariestama, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. The development of today's media makes everything easy and Music has been present in various ages in different ways, starting from analog media such as cassettes, discs and until the current era is the digital era. We are spoiled with music that is pleasing to the ear but we can't have the physical, that is digital. And as the beginning of the development of music in this digital era, a large company in the startup field Spotify made listening to music easier, with smartphones. This study uses a quantitative approach with simple linear regression analysis techniques with questionnaire data collection techniques and literature study. The results showed that media exposure (Frequency, Intensity, and Duration) had a significant effect on the audience's listening interest. The result is 80.8% Listening Interest variable (Y) which can be explained or influenced by Media Exposure variable (X). While the remaining 19.2% is influenced by other variables not included in the study.

Keywords: Influence, Music, Interest in Listening, Media Exposure, New Media

Abstrak. Perkembangan media saat ini membuat segalanya menjadi mudah dan Musik telah hadir di berbagai zaman dengan cara yang berbeda-beda, mulai dari media analog seperti kaset, cakram dan hingga era saat ini adalah era digital. Kita dimanjakan dengan musik yang enak didengar tapi fisiknya tidak bisa kita miliki, yaitu digital. Dan sebagai awal perkembangan musik di era digital ini, sebuah perusahaan besar di bidang startup Spotify membuat mendengarkan musik menjadi lebih mudah, dengan smartphone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana dengan teknik pengumpulan data angket dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan media berpengaruh signifikan terhadap minat mendengarkan audiens. Adapun hasil nya yakni sebesar 80,8% variabel Minat Dengar (Y) yang dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel Terpaan Media (X). Sedangkan sisanya sebesar 19,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian.

Kata Kunci: Pengaruh, Musik, Minat Mendengar, Terpaan Media, Media Baru


Keywords


Pengaruh, Musik, Minat Mendengar, Terpaan Media, Media Baru

Full Text:

PDF

References


Mcquail, Denis (2005), Communication Theory & Research. London: Sage Publication Ltd

Mcquail, Denis (2011), Teori Komunikasi Massa Mcquail: Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Komunika

Halik, Abdul (2013), Buku Daras: Komunikasi Massa. Makassar: Alauddin University Press

Danang, Sunyoto, (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Media Pressindo: Yogyakarta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rakhmat, J (2016). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

S. Yollis Michdon Netti, Irwansyah (2018): Spotify: Aplikasi Musik Streaming untuk Generasi Milenial. Dalam Jurnal Komunikasi Vol. 10, No. 1, Juli 2018, Hal 1 – 16, Universitas Pelita Harapan, Universitas Indonesia.

Ardianto, Elvinaro dan Lukiyati Komala Erdinaya. 2004. “Komunikasi Massa Suatu Pengantar”. Penerbit Simbiosa Rekatama Media. Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 1983. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara.

Augusty, Ferdinand. (2006) Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk penelitian, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Danang, Sunyoto, (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Media Pressindo: Yogyakarta

Demetriades, Gregory, (2003). Streaming Media: Building and Implemintating a Complete Streaming System. Wiley Publishing: Indianapolis

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Flew, Terry, (2005). New Media: An Introduction. Oxford University Press: Australia

Fruin, Noah Wardrip. Montfort, Nick (2003), The New Media Reader. London: The MIT Press

Ghozali, Imam. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.

Halik, Abdul (2013), Buku Daras: Komunikasi Massa. Makassar: Alauddin University Press

Heri, P. (1998). Pengantar Perilaku Manusia. Jakarta : EGC.

Johny Killis. 1988. Pengertian Minat Menurut Para Ahli.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Lievrouw, Leah. Livingstone, Sonia (2006), The Handbook of New Media: Student Edition. London: Sage Publication Ltd

Mcquial, Denis (1987), Mass Communication Theory: An Introduction, Second Edition. London: Sage Publication Ltd

Mcquail, Denis (2005), Communication Theory & Research. London: Sage Publication Ltd

Mcquail, Denis (2011), Teori Komunikasi Massa Mcquail: Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Komunika

Morissan. Wardhani, Andy. Hamid, Farid (2017), Teori Komunikasi Massa: Ghalia Indonesia. Bogor

Nurudin. 2004. Komunikasi Massa. Cespur. Malang

Rosengren, Karl Erik dkk. 1974. Media Gratifications Research: Curent Perspective

Riswandi, 2009. Dasar-Dasar Penyiaran. Graha Ilmu. Jakarta.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudarsono, 1980. Pengantar Teori Ekonomi Mikro. LP3S. Jakarta.

Unde, Andi Alimuddin. (2014). Televisi dan Masyarakat Pluralistik. Predana media Group: Jakarta

Witherington, H. C. (1999). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Aksara Baru.

Adrianto Rifqi, Kurnia. (2021). Kredibilitas Influencer dalam Membentuk Kepercayaan Konsumen terhadap Brand. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 54-60




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30229

Flag Counter