Hubungan Terpaan Tayangan Youtube dengan Minat Berwisata

Yarra Fakhiratunnisa Aini, Indri Rachmawati

Abstract


Abstract. Social media can connect everyone and make it possible to share information in a variety of formats, including text, photos, videos, documents, and more. One of the most sought after social media is YouTube. The study of "Relationship between YouTube Show and Travel Interest" aims to determine the relationship between "New Zealand Series" YouTube Video Impression and Travel Interest Commentator Channel #temantapimenikah. The object of this research is exposure to impressions and its relationship with interest in travel, while the research subject is the video commentator of the "New Zealand Series". This research uses the uses and gratifications theory. The study was conducted on ninety nine commentators on the video "New Zealand Series". The research method used is a quantitative correlation approach. Data collection method by distributing questionnaires online. The data obtained were then processed using SPSS. This study has the results which indicate that there is a moderate relationship between exposure to the "New Zealand Series" YouTube broadcast and the interest in traveling to the New Zealand commentator channel #temantapimenikah, where there is no relationship between the frequency aspect and the interest in traveling to New Zealand, while there is a relationship between the duration and attention aspects with the interest in traveling to New Zealand, the commentator of the channel #temantapimenikah.

Keywords: New Media, Exposure, YouTube, Travel Interest.

Abstrak. Media sosial dapat menyambung semua orang dan memungkinkan untuk berbagi informasi dalam berbagai macam format, termasuk teks, foto, video, dokumen, dan lain sebagainya. Salah satu media sosial yang paling dicamari adalah YouTube. Penelitian “Hubungan Terpaan Tayangan Youtube dengan Minat Berwisata” ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan Terpaan Tayangan Video YouTube #temantapimenikah “New Zealand Series” dengan Minat Berwisata Komentator Channel #temantapimenikah. Objek dari penelitian ini adalah terpaan tayangan dan hubungannya dengan minat berwisata, sedangkan subjek penelitiannya adalah komentator video “New Zealand Series”. Penelitian menggunakan teori uses and gratifications. Penelitian dilakukan terhadap sembilan puluh sembilan orang komentator video “New Zealand Series”. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pendekatan korelasi. Metode pengumpulan data dengan menyebar angket secara online. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan SPSS. Penelitian ini memiliki hasil yang menyatakan bahwa terdapat hubungan dengan kekuatan sedang antara terpaan tayangan youtube “New Zealand Series” dengan minat berwisata ke New Zealand komentator channel #temantapimenikah, dimana tidak terdapat hubungan antara aspek frekuensi dengan minat berwisata ke New Zealand, sedangkan ada hubungan antara aspek durasi dan atensi dengan minat berwisata ke New Zealand komentator channel #temantapimenikah.

Kata kunci: New Media, Terpaan Tayangan, YouTube, Minat Berwisata.


Keywords


New Media, Terpaan Tayangan, YouTube, Minat Berwisata.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Suharyono, Srikandi Kumadji. 2015. “Pengaruh City Branding Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung”, dalam Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Universitas Brawijaya. Volume 28, Nomor 1, Tahun 2015 (hlm. 3)

Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir. A. S. 2016. Kareba. YouTube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Volume, Nomor 2.

Kotler, Philip, et. al. 2006. Marketing for Hospitality and Tourism Fifth Edition. London: Prentice-Hall.

Kurniawan, Adit., Dadang Sugiana, Deddy Erlandia. 2012. “Hubungan Antara Terpaan Tayangan Jejak Petualang dengan Sikap Mahasiswa terhadap Keindahan Alam Indonesia”, dalam eJurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran. Universitas Padjajaran. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Pubic Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Kriyantono, Rachmat. 2017. Teori Public Relations Perpektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Rakhmat, Jalaludin. 1991. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin. 1998. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin, 2004. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh. Analisis Statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Reiser, Robert A., Donald Ely. 1997. “Educational Technology Research and Development” Volume 45, Nomor 3, Tahun 1997.

Runandar, Isni Julia., Indri Rachmawati. 2018. “Hubungan antara Media Sosial Instagram @Kawasanwisatapunclut dengan Minat Kunjungan Followers”, dalam Prosiding Manajemen Komunikasi. Universitas Islam Bandung. Volume 5, Nomor 1, Tahun 2019 (hlm. 65-66)

Tasya, Alifia. 2019. “Pengaruh Akun Youtube “Pesona Indonesia” Terhadap Minat Viewers Berwisata Ke Danau Toba”. Disertasi. Jakarta: Universitas Prof. Dr. Moestopo.

Sabilillah Mochamad Ismail, Maryani Anne. (2021). Hubungan Channel Youtube Sam Kolder terhadap Minat Membuat Vidio Travelling. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 23-28




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30183

Flag Counter