Hubungan antara Tayangan Konser Musik Solidaritas Jaga Indonesia dengan Behavioral Effects Khalayak

Asilah Andreina, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. This research titled, “The correlations of Konser Solidaritas Jaga Indonesia with Behavioral Effects of Audience to Donateâ€, which intend to determine the effects received by the audience with the behavioral effects of Konser Solidaritas Jaga Indonesia’s Instagram followers who  watched the concert.  In this pandemic situation, television has an important part to disseminate information widely and fast and become a trusted media by the public to fulfill their informations and entertainments  needs. Konser Solidaritas Jaga Indonesia is a social campaign which is packaged into a music concert. Beside it fulfilled the public’s information and entertainment needs, it also persuade them to donate to help the affected sectors. The theory that forms the basis for this research is, Stimulus-Organism-Response Theory (SOR). Music concert show as a stimulus consist of material, intensity, and method of presenting the event. This research used  a correlational quantitative research method. The respondents chosen were followers of the Instagram account @konserjaga_id as many as 89 people using random sampling techniques, interviews with one respondent, and relevant literature studies. The result of this research is that there is a correlation between event material and with changes in behavior of 0.460 with a moderate level of correlation. Then, there is a correlation between the intensity of the event with changes in behaviorof 0.580 with a moderate level of correlation. The last is, there is a correlation between the method of presenting the event with a change in behavior of 0, with a moderate level of correlation. So it can be concluded,  that the show of Konser Solidaritas Jaga Indoneisa affects the behavior of the audience to donate.

Keywords: Mass Media Effects, the show of Konser Solidaritas Jaga Indonesia, behavioral Effect

Abstrak. Penelitian ini berjudul “Hubungan Tayangan Acara Konser Solidaritas  Jaga Indonesia dengan Behavioral Effects Khalayak untuk Berdonasiâ€, yang bertujuan untuk mengetahui efek yang diterima oleh penonton dengan perubahan perilaku pada para pengikut akun Instagram Konser Solidaritas Jaga Indonesia yang menonton acara.Di masa pandemi ini, media televisi berperan penting dalam penyebaran informasi secara luas dan cepat dan menjadi media yang di andalkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasi juga hiburan mereka.        Konser Solidaritas Jaga Indonesia ini merupakan kampanye sosial yang di kemas ke dalam tayangan konser musik virtual. Jadi, selain memenuhi kebutuhan hiburan dan informasi penonton, tayangan ini juga mengajak penonton untuk ikut berdonasi guna membantu sektor-sektor yang terdampak. Teori yang menjadi landasan dalam penelitian ini adalah teori Stimulus-Organism-Response (SOR). Tayangan sebagai stimulus terdiri dari materi, intensitas, dan metode penyajian acara, sehingga memunculkan response  berupa perubahan perilaku penonton untuk ikut berdonasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif korelasional. Responden yang dipilih adalah para pengikut akun Instagram @konserjaga_id sebanyak 89 orang dengan menggunakan teknik random sampling, wawancara dengan salah satu responden, dan studi kepustakaan yang relevan.Hasil dari penelitian ini adalah adanya hubungan antara materi acara dengan perubahan perilaku sebesar 0,460 dengan tingkat korelasi sedang. Lalu adanya hubungan antara intensitas tayangan dengan perubahan perilaku sebesar 0,580 dengan tingkat hubungan sedang. Selanjutnya adanya hubungan antara metode penyajian acara dengan perubahan perilaku sebesar 0, dengan tingkat hubungan sedang. Maka dapat dikatakan bahwa tayangan Konser Solidaritas Jaga Indonesia mempengaruhi perilaku penonton untuk ikut berdonasi.

Kata kunci: Efek Media Massa, Tayangan Konser Solidaritas Jaga Indonesia, Behavioral Effects.


Keywords


Efek Media Massa, Tayangan Konser Solidaritas Jaga Indonesia, Behavioral Effects.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. dkk. (2012). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media.

Darwanto. (2007). Televisi sebagai Media Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Duli, N. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. CV. Budi Utama.

Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2012). Metode Penelitian Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Suryani dan Hendrayadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. PRENAMEDIA GROUP.

Andrianti Elmy, Rachmawati Indri. (2021). Hubungan antara Tayangan Youtube Saaih Halilintar dengan Gaya Hidup Hedonisme. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 29-35




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30171

Flag Counter   Â