Pengaruh Iklan Produk Smartfren Extra Unlimited Malan di Media Televisi terhadap Minat Beli Calon Konsumen

Nafis Muhammad Najib, Zulfebrigez Zulfebrigez

Abstract


Abstract. This research is entitled "The Effect of Advertising Smartfren Extra Unlimited Nights on Television Media on Buying Interests of Prospective Consumers (Regression Study on Prospective Student Consumers in Bandung City)". Smartfren has the lowest ranking in terms of subscribers and download or upload speeds, but the Smartfren provider has the advantage and ranks at the top in terms of 4g network coverage in Indonesia. Is the advertisement made by the Smartfren provider with its newest product in various media, one of which is television media, namely Smartfren Extra Unlimited Malam, can increase buying interest in the Smartfren product. The focus of this research is how the effect of advertisement for Smartfren Extra Unlimited Malam on television media on the buying interest of potential consumers. The purpose of this study is to determine the effect of advertisements for Smartfren Extra Unlimited Malam products on television media on the buying interest of prospective consumers. This study uses a quantitative approach with multiple linear regression analysis techniques. Data collection techniques carried out in this study were questionnaires and literature study. The results showed that advertising exposure (Frequency, Intensity, and Duration) simultaneously affected buying interest. Partially shows that frequency does not affect buying interest, intensity affects buying interest and duration does not affect buying interest.

Keywords: Influence, Media, Television, Advertising, Marketing Communication, Buying Interest

Abstrak. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Iklan Produk Smartfren Extra Unlimited Malam di Media Televisi Terhadap Minat Beli Calon Konsumen (Studi Regresi Pada Calon Konsumen Mahasiswa di Kota Bandung)”. Smartfren mendapati urutan terendah dari segi pelanggan dan kecepatan unduh atau unggah, tetapi provider Smartfren memiliki keunggulan dan menempati urutan teratas dari segi cakupan jaringan 4g di Indonesia. Apakah dengan iklan yang dibuat provider Smartfren dengan produk terbarunya di berbagai media salah satunya media televisi yaitu Smartfren Extra Unlimited Malam dapat meninggkatkan minat beli terhadap produk Smartfren tersebut. Fokus penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh iklan produk Smartfren Extra Unlimited Malam di media televisi terhadap minat beli calon konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetaui pengaruh iklan produk Smartfren Extra Unlimited Malam di media televisi terhadap minat beli calon konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan kuesioner dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan terpaan iklan (Frekuensi, Intesitas, dan Durasi) secara simultan berpengaruh terhadap minat beli. Secara parsial menunjukan frekuensi tidak mempengaruhi minat beli, intensitas mempengaruhi minat beli dan durasi tidak mempengaruhi minat beli.

Kata Kunci: Pengaruh, Media, Televisi, Iklan, Komunikasi Pemasaran, Minat Beli


Keywords


Pengaruh, Media, Televisi, Iklan, Komunikasi Pemasaran, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Irso. 2020. DirjenPPI: Survei Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Bagian Penting dari Transformasi Digital. Diambil dari: https://www.kominfo.go.id/content/detail/30653/dirjen-ppi-survei-penetrasi-pengguna-internet-di-indonesia-bagian-penting-dari-transformasi-digital/0/berita_satker (1 Maret 2021).

Meldarianda, Resti & Henky Lisan S. 2010. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Café Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 17(2), 97-108.

Nugroho, Untung. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. Purwodadi: CV. Sarnu Untung.

Nurdin, Ismail & Sri Hartarti. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Riadi, Muchlisin. 2018. Aspek, Jenis, Tahapan, dan Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli. Diambil dari: https://www.kajianpustaka.com/2018/12/aspek-jenis-tahapan-dan-faktor-yang-mempengaruhi-minat-beli.html (2 Maret 2021).

Susanti, Dewi Sri, Yuana Sukmawaty & Nur Salam. 2019. Analisis Regresi dan Korelasi. Purwokerto: CV. IRDH.

Sudibyo K, Dian Marhaeni. 2010. Representasi Anak-anak Dalam Tayangan Iklan Komersial di Media. Jurnal Ilmiah Komunikasi “MAKNA”, 1(1).

Azis Alamsyah Nusantara, Sofyan Aning. (2021). Hubungan antara Daya Tarik Iklan Instagram Nah Project dengan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 10-15




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29981

Flag Counter