Pesan Moral dalam Film Korea

Khansa Ghifari Muhammad, Wiki Angga Wiksana

Abstract


Abstract. Films are a communication medium that can be used to convey messages or information to audiences. films have a large enough impact on audiences because films have a characteristic in conveying information through interesting storylines or scenes. This study discusses social norms in the film "Secret Zoo", where the content is the result of observing dialogue as the basic tool and clarified with moving images. The purpose of this study is to see social norms or messages. This study focuses on the existing scenes and the meaning of these scenes. The research method used is qualitative, and uses the semiotic approach of Roland Barthnes as a model and uses the constructivism paradigm. Constructivism itself discovers how the event or reality is constructed, in the way that construction is formed. This constructionist paradigm is often referred to as the paradigm of production and the exchange of meanings. Researchers try to see what the meaning of the film is. In this study, 6 images were found in the form of scenes. The results showed that the meanings shown in the film "Secret Zoo" were a picture of what happened at the zoo. but this film shows that the life of someone who wants to get a job is indeed difficult and must be taken.

Keywords: Secret Zoo film, Semiotics of Roland Barthnes, social norms in film.

Abstrak. Film merupakan salah satu media komunikasi yang bisa digunakan untuk penyampaian pesan atau informasi terhadap khalayak. film menimbulkan dampak yang cukup besar pada khalayak dikarenakan film mempunyai ciri khas dalam menyampaikan informasi melalui alur cerita atau adegan yang menarik. Penelitian ini membahas tentang norma sosial dalam film “Secret Zoo”, dimana isinya merupakan hasil dari mengamati dialog sebagai perangkat dasarnya dan diperjelas dengan gambar yang bergerak, Tujuan penelitian ini adalah melihat norma atau pesan sosial. Penelitian ini memfokuskan pada adegan yang ada dan makna dari adegan tersebut. Metode Penelitian yang digunakan adalah Kualitatif, dan menggunakan pendekatan Semiotika Roland Barthnes sebagai model dan menggunakan Paradigma Konstruktivisme. Konstruktivisme itu sendiri menemukan bagaimana peristiwa atau realitas tersebut dikonstruksi, dengan cara itu konstruksi itu dibentuk, paradigma konstruksionis ini sering sekali disebut sebagai paradigma produksi dan pertukaran makna. Peneliti berusaha melihat bagaimana makna dari film tersebut. Dalam penelitian ini ditemukan sebanyak 6 potongan gambar yang berupa adegan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna – makna yang diperlihatkan dalam film “Secret Zoo” merupakan gambaran yang terjadi pada kebun binatang tersebut. namun pada film ini memperlihatkan bahwa kehidupan seseorang yang ingin mendapatkan pekerjaan memang susah dan harus di ambil.

Kata kunci: Film Secret Zoo, Semiotika Roland Barthnes, norma sosial dalam film.


Keywords


Film Secret Zoo, Semiotika Roland Barthnes, norma sosial dalam film.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2012. Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru.

Bandung: Remaja Rosda Karya.

Alex Sobur, 2003, Semiotika Komunikasi Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Alex Sobur. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ardianto, E, & Ardinaya,L.K. (2004). Komunikasi Suatu Pengantar .Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. 1989. KAMUS KOMUNIKASI. Bandung : PT. Mandar Maju

Effendy, Onong Uchjana. 1981. Dimensi-dimensi Komunikasi. Bandung: PT. Alumni

Hill and Wang. 1968. Elemen-Elemen Semiologi Roland Barthes. Jogjakarta: IRCiSoD.

Irawanto, Budi. 1999. Film Ideologi dan Militer Hegemoni Militer Dalam Sinema Indonesia. Yogyakarta: Media Persindo.

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Mulyana, Deddy & Solatun. Metode Penelitian Komunikas:contoh-contoh penelitian kualitatif dengan pendekatan praktis. Cetakan ke 3. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Nurudin. 2011. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : Raja Grafindo Persada Nurudin. 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Misna, A. (2015). Formulasi Kebijakan Alokasi Dana Desa Di Desa Kandolo Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Administrasi Negara.

Moleong, L. J. (2004). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhammad Supriyanto, M. T. (2018). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGINAP DI THE SUN HOTEL MADIUN. Epicheirisi.

Andrianti Elmy, Rachmawati Indri. (2021). Hubungan antara Tayangan Youtube Saaih Halilintar dengan Gaya Hidup Hedonisme. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 29-35




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29423

Flag Counter