Strategi Komunikasi MI Al-Ishlah saat Pembelajaran Jarak Jauh

Meri Sartika, Indri Rachmawati

Abstract


Abstract. Entering 2020 until now, the world has been shocked by the Covid-19 virus which has also begun to spread throughout Indonesia, including the city of Bandung. This virus made so many impacts in various sectors, especially in the Education sector. This makes learning activities must be carried out remotely, so teachers and schools must have good learning strategies so that material or learning can be carried out effectively. The unique thing in this case is that MI Al-Ishlah has a mini studio and private school e-learning which is used as a means of delivering material. The purpose of this study was to determine the communication strategies given by schools and teachers to students at MI Al-Ishlah during distance learning. The method chosen by the author to conduct this research is to use a qualitative method. The approach used by the author is a case study because this phenomenon occurs within a certain time limit. Data collection techniques used are through interviews, observation and documentation. The results of this study are that teachers at MI Al-Ishlah use a combination of media used according to material needs, namely Whatsapp, Youtube Chanel, teaching videos, Powerpoint, E-learning and Zoom Meetings. Obstacles during Distance Learning (PJJ) occur from outside parties, namely from students and parents.

Keywords: Communication Strategy, Distance Learning, Teacher Communication Strategy at MI Al-Ishlah.

Abstrak. Memasuki tahun 2020 hingga sampai saat ini, dunia digemparkan dengan adanya virus Covid-19 yang juga mulai merembak ke seluruh Indonesia termasuk ke Kota Bandung. Virus ini membuat dampak yang begitu banyak di berbagai sektor, terutama pada sektor Pendidikan. Hal ini membuat kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan secara jarak jauh, sehingga guru dan sekolah harus memiliki strategi pembelajaran yang baik supaya materi atau pembelajaran dapat tetap dilakukan secara efektif. Hal unik dalam kasus ini yaitu MI Al-Ishlah memiliki studio mini dan e-learning sekolah yang digunakan sebagai alat penyampaian materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi yang diberikan sekolah dan juga Guru kepada murid di MI Al-Ishlah saat Pembelajaran Jarak Jauh. Metode yang dipilih penulis untuk melakukan penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan penulis adalah studi kasus karena fenomena ini terjadi dalam batas waktu tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa Guru di MI Al-Ishlah menggunakan kombinasi media yang digunakan sesuai dengan kebutuhan materi yaitu Whatsapp, Youtube Chanel, Video pengajaran, Powerpoint, E-learning dan Zoom Meeting. Hambatan saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini terjadi dari pihak luar yaitu dari siswa dan orangtua.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pembelajaran Jarak Jauh, Strategi Komunikasi Guru di MI Al-Ishlah.


Keywords


Strategi Komunikasi, Pembelajaran Jarak Jauh, Strategi Komunikasi Guru di MI Al-Ishlah.

Full Text:

PDF

References


Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gufron, Moh. 2016. Komunikasi Pendidikan.Yogyakarta: Kalimedia.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif : Teori Dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nawawi, H. Hadari. 2003. Metode Penelitian Bidang Social. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pratiwi, Ika Wahyu. 2020. “Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar, Klaten, Jawa tengah”. JP3SDM. Vol.9 No 2.

Zebua, Rony SY, Suhardini, Asep Dudi. 2021. Model Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: CV. Nas Media Pustaka.

Gumelar, Fahmi, Rachmawati, Indri. 2021. “Strategi Komunikasi di Sekolah Luar Biasa “Aditya Grahita” dalam Menjalin Interaksi dengan Siswa Berkebutuhan Khusus”, dalam Prosiding Manajemen Komunikasi. Universitas Islam Bandung, Bandung. Volume 7, Nomor 1, Tahun 2021 (hlm. 149-151).

http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/25628

Sari, Puja Resma Nelam. (2021). Indonesia Digital Public Diplomacy on @kemlu_ri Instagram: Benefit and Challenges during COVID-19. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 36-45




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29321

Flag Counter