Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram dengan Perilaku Cyberbullying pada Siswa SMA di Kota Bandung

Dimas Nugraha, Rini Rinawati

Abstract


Abstract. This research is motivated by the many cases of cyberbullying on social media that occur among adolescents aged 12-20 years. In addition, this study aims to determine how the relationship between the use of social media Instagram with cyberbullying behavior in high school students in the city of Bandung. The factors tested in this study were the use of social media which consisted of sub-variables, namely the intensity of use and media content as independent variables, while cyberbullying behavior as the dependent variable. The research method used in this research is correlational. The population in this study were students of SMA BPI 1 Bandung, totaling 838 students. The sampling technique used in this study is a probability sampling technique with a cluster sampling technique, and uses the Slovin formula so that the number of samples is 90 students. The analytical method used in this research is multiple linear regression analysis. The results showed that there was a significant relationship between the intensity of use and content of Instagram social media with cyberbullying behavior in BPI 1 High School students in Bandung. The magnitude of the relationship between the intensity variable of Instagram social media use and the cyberbullying behavior variable is 37.6%, while the magnitude of the relationship between the Instagram social media content variable and the cyberbullying behavior variable is 43.4%.

Keywords: Intensity of Social Media Use, Social Media Content, and Cyberbullying Behavior.

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus cyberbullying pada media sosial yang terjadi di kalangan remaja yang berusia 12-20 tahun. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara penggunaan media sosial Instagram dengan perilaku cyberbullying pada Siswa SMA di Kota Bandung. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah penggunaan media sosial yang terdiri dari subvariabel yaitu intensitas penggunaan dan isi media sebagai variabel independen, sedangkan perilaku cyberbullying sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa di salah satu SMA di Kota Bandung yang berjumlah 838 siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik probability sampling dengan teknik cluster sampling, serta menggunakan rumus slovin sehingga jumlah sampel sebanyak 90 siswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan dan isi media sosial Instagram dengan perilaku cyberbullying pada Siswa SMA BPI 1 Kota Bandung. Besarnya hubungan variabel intensitas penggunaan media sosial Instagram dengan variabel perilaku cyberbullying sebesar 37,6%, sedangkan besarnya hubungan variabel isi media sosial Instagram dengan variabel perilaku cyberbullying sebesar 43,4 %.

Kata Kunci: Intensitas Penggunaan Media Sosial, Isi Media Sosial, dan Perilaku Cyberbullying.


Keywords


Intensitas Penggunaan Media Sosial, Isi Media Sosial, dan Perilaku Cyberbullying

Full Text:

PDF

References


Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita

Desfiana, Muhamad Fauzi Rohimat dan Satya Indra Karsa, 2021. “Hubungan Penggunaan Instagram Simamaung dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers”. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung

Faizah, Laelatul. 2018. Pengaruh Intensitas Mengakses Konten Negatif Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Husnusyifa, Annisa. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Sikap Fanatisme Penggemar”. Magisterl Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika

Paramitha, Cindy Rizal Putri, 2011. “Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan dalam Bidang Kuliner”. Thesis. Ekonomi S-1, Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro.

Primasti, Dinar dan Sulih Indra Dewi. 2017. Pengaruh Media Sosial Terhadap Penyimpangan Perilaku Remaja (Cyberbullying). Jurnal Reformasi. ISSN 2088-7469 (Paper) ISSN 2407-6864 (Online) Volume 7 No. 2 (2017). Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Putri, Matilda Devina Nirmala. 2018. Hubungan Kecanduan Media Sosial Dengan Kualitas Komunikasi Interpersonal Pada Usia Dewasa Awal. Program Studi Psikologi. Fakultas Psikologi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Smith, P., Mahdavi, J., Carvalho, M,. Fisher, S., Tippet, N. (2008). Cyberbullying: its nature impact secondary school pupils. Journal of Adolescent Health, 55(5) : 602-611.

Thurlow, C., Lengel, L., and Tomic, A, 2004, Computer Mediated Communication Social Interaction And The Internet, Sage Publications, London, Thousand Oaks, and New Delhi.

Utami, Anastasia Siwi Fatma dan Nur Baiti. 2018. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Kalangan Remaja. Cakrawala-Jurnal Humaniora, Vol 18 No. 2 September 2018 P-ISSN 1411-8629, E-ISSN: 2579-3314. AMIK BSI Bekasi.

Andrianti Elmy, Rachmawati Indri. (2021). Hubungan antara Tayangan Youtube Saaih Halilintar dengan Gaya Hidup Hedonisme. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 29-35




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29287

Flag Counter