Penggunaan Instagram sebagai Promosi Budaya Kaway Lampung

Pratiwi Rahma Dea Valentina, Dede Lilis Chaerowati

Abstract


Abstract. Kaway Lampung is one of the distributions fashion with the characteristic design of Lampung culture. Kaway Lampung was doing digital marketing by using social media marketing through Instagram. Kaway Lampung did cultural promotion activities as a strategy in social media marketing. This research aims to find out more about the use of social media as cultural promotion media by Kaway Lampung. This research uses qualitative methods with case study approaches. Data gathering techniques are done with interviews, observations, and documentation. The informant on this research was chosen with a technique of purposive sampling considering that the informant was the most knowledgeable person in the use of the Kaway Lampung installer. The research results are 1) The reason why Instagram is used as a media promotion is to adjust the market target and utilize the features of Instagram live, Instagram stories, Instagram shopping, photo or video postings, Instagram ads, and insight. 2) Kaway Lampung's installation management process has two processes: content creation and content management. Content creation is done with the planning, research, conceptual development, and design stages. The accounts he owns are #infokaway, cultural quiz, catalog articles, and fashion catalogs. 3) The result of the use of Instagram as a media promotion culture is the rise of followers, the support of followers, and the formation of brand images as a fashion brand with a modern cultural element of Lampung.

Keywords: Kaway Lampung, Cultural Promotion, Digital Marketing, Social Media Marketing, Instagram

Abstrak. Kaway Lampung merupakan salah distro dengan ciri khas desain budaya Lampung. Kaway Lampung melalukan kegiatan pemasaran digital dengan menggunakan pemasaran sosial media melalui instagram. Kaway Lampung melakukan kegiatan promosi budaya sebagai strategi dalam pemasaran sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai penggunaan media sosial sebagai media promosi budaya yang dilakukan oleh Kaway Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan bahwa informan adalah orang yang paling mengetahui penggunaan instagram Kaway Lampung. Hasil penelitian ini adalah 1) Alasan penggunaan instagram sebagai media promosi adalah guna menyesuaikan target pasar dan memanfaatkan fitur instagram yaitu instagram live, instagram stories, instashopping, posting foto atau video, instagram ads, dan insight. 2) Proses pengelolaan instagram Kaway Lampung memiliki dua proses yaitu proses pembuatan konten dan proses pengelolaan konten. Pembuatan konten dilakukan dengan tahap perencanaan, riset, pembuatan konsep, dan pembuatan desain. Konten yang dimiliki adalah #infokaway, kuis budaya, artikel katalog, dan fashion katalog. 3) Hasil dari penggunaan instagram sebagai media promosi budaya adalah kenaikan followers, dukungan followers, dan pembentukan brand image sebagai merchandise fashion dengan unsur budaya Lampung yang modern.

Kata Kunci: Kaway Lampung, Promosi Budaya, Pemasaran Digital, Pemasaran sosial media, Instagram


Keywords


Kaway Lampung, Promosi Budaya, Pemasaran Digital, Pemasaran sosial media, Instagram

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, Irfan dan Anastasya Maharani. 2020. Optimalisasi Instagram sebagai Media Marketing. Bandung: CV Cendikia Press.

Chaerowati, Dede Lilis. 2018. “Mengembangkan Radio Komunitas untuk Mengangkat Ekonomi Kreatif Masyarakat Pedesaan” dalam Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2018. (hlm 92-107).

Hanlon, Annimarie dan Dave Chaffey. 2016. Digital Marketing Model Frameworks and Tools For Digital Audit, Planning and Strategy. United Kingdom: Smart Insight.

Instagram users in Indonesia. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2021/01. Pada 28 Februari 2021 pukul 22.43

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Lindawati, Sri dkk. 2020. Pemasaran Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rumondang, Astri dkk. 2020. Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Saputra, Didin Hadi dkk. 2020. Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Medan: Yayasan Kita Menulis. Cangara, H. Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudaryo dkk. 2020. Digital Marketing dan Fintech di Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Azis Alamsyah Nusantara, Sofyan Aning. (2021). Hubungan antara Daya Tarik Iklan Instagram Nah Project dengan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 10-15




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29183

Flag Counter