Komunikasi Equitarian Style Shopkeeper Distro Sixpax Bandung

Melati Rosliawati Afandy, Endri Listiani

Abstract


Abstract. Communication equalitarian style shopkeeper can create the attraction of the consumers, so that the creation of harmonious relations on. Communication, equalitarian style more attention to communication equality and equal rights for everyone in building a relationship, stimulate consumers respond talk reciprocal, in efforts to encourage personal initiative. Shopkeeper use this style show attention devoted to consumers and more casual and informative, interactions so as to produce familiar intercourse in the service for people as consumers. The use of communication equitarian style shopkeeper to consumers, as a way or applied distro communication techniques, in order to be able to form a close communication, supel and understood. So that consumers low purchasing interest arising in the shopkeeper offered sixpax distro. Research objectives know communication equitarian style shopkeeper in serving the consumer in distro sixpax Bandung at the familiarity, sense, and supel. Research methodology a descriptive quantitative data the spread of the survey, interview, observation and study literature. Population taken in this study, those who purchase products distro sixpax of 211. Technique withdrawal sample, used in this research, random sampling. Determining the size large sample, using formulas slovin, sample used is as many as 68 respondents with precision 10 % in the levels of trust 90 %. Drawing conclusions communication equitarian style shopkeeper in serving the consumer in distro Sixpax Bandung look at the familiarity, sense, supel can produce openness, communication two directions, establishing the trust, care in creating good relations, easy to get along, conform, and friendly shopkeeper with of consumers, and it, cause those who come and purchase products distro Sixpax believe service quality and products distro offered shopkeeper Sixpax.

Keywords: Communication equitarian style, Shopkeeper, Distro Sixpax Bandung

Abstrak. Gaya komunikasi equalitarian style dilakukan shopkeeper dapat menciptakan daya tarik bagi para konsumen, sehingga terciptanya hubungan harmonis pada saat transaksi. Komunikasi equalitarian style, lebih memperhatikan komunikasi kesamaan dan persamaan hak bagi setiap orang dalam membina hubungan, merangsang konsumen untuk menanggapi, untuk berbicara timbal balik, dalam upaya mendorong inisiatif personal. Shopkeeper menggunakan gaya ini menunjukan perhatian tulus kepada konsumen dan lebih santai serta informatif dalam interaksi, sehingga menghasilkan hubungan akrab dalam pelayanan terhadap masyarakat sebagai konsumen. Penggunaan komunikasi equitarian style shopkeeper kepada para konsumen, sebagai cara atau teknik komunikasi yang diterapkan distro, dengan tujuan supaya bisa membentuk sebuah komunikasi yang akrab, supel dan saling memahami. Sehingga timbul minat beli konsumen terhadap produk yang ditawarkan shopkeeper distro Sixpax. Tujuan penelitian mengetahui komunikasi equitarian style shopkeeper dalam melayani konsumen di distro Sixpax Bandung di lihat dari aspek keakraban, pengertian, dan supel. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan data penyebaran angket, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Populasi diambil dalam penelitian ini, konsumen yang membeli produk distro Sixpax dengan jumlah 211. Teknik penarikan sampel, digunakan dalam penelitian ini, random sampling. Menentukan ukuran besar sampel, menggunakan rumus Slovin, sampel digunakan adalah sebanyak 68 responden dengan presisi 10% pada tingkat kepercayaan sebanyak 90%. Simpulan gaya komunikasi equitarian style shopkeeper dalam melayani konsumen di distro Sixpax Bandung di lihat dari aspek keakraban, pengertian, kesupelan dapat menghasilkan keterbukaan, komunikasi dua arah, membangun kepercayaan, peduli dalam menciptakan hubungan baik, mudah bergaul, menyesuaikan diri, dan ramah shopkeeper dengan konsumennya, sehingga dengan hal itu, menyebabkan konsumen yang datang dan membeli produk distro Sixpax percaya akan kualitas pelayanan  dan produk distro yang ditawarkan shopkeeper Sixpax.

Kata Kunci: Komunikasi Equitarian Style, Shopkeeper, Distro Sixpax Bandung


Keywords


Komunikasi Equitarian Style, Shopkeeper, Distro Sixpax Bandung

Full Text:

PDF

References


Dede Lilis Chaerowati “Pemberdayaan SDM melalui Komunikasi Organisasi: Suatu Pendekatan Subjektivis (2002) dalam Jurnal Mediator Komunikasi, Vol 3, No. 2 (2002)

Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Pamulang-Tangerang. Selatan: Karisma Publishing Group

Djuarsa. Sendjaja, S.2012. Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka

Dr. Endri Listiani, S. IP., M. Si, 2019 “Strategi Membangun Merek Pix and Stacy oleh POT Branding House dalam Jurnal Prosiding Manajemen Komunikasi

Madjadikara. 2015. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung : PT . Remaja. Rosdakarya.

Morissan, MA. 2010. Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu Jakarta : Kencana.

Pace, R. Wayne dan Don F. Faules. 2006. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, Terj. Deddy Mulyana. Bandung: PT Remaja RosdaKarya

S Nurhadiati, IJ Triwardhani, 2019“ Komunikasi Organisasi dalam Memotivasi Karyawan Departemen Maintenance Regional Duri PT. Chevron Pacific Indonesia Jurnal Prosiding Manajemen Komunikasi.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu. 2011. Azas-Azas Marketing, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono. Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta. Andi.

Wedji, Iskandar “Pengertian Gaya Komunikasi, Aspek, Tipe dan Jenis Gaya Komunikasi Menurut Para Ahli Lengkap”, https://www.pelajaran.co.id/2019/06/pengertian-gaya-komunikasi-aspek-tipe-dan-jenis-gaya-komunikasi-menurut-para-ahli.html . Tanggal akses 14 April 2020., pk 22 : 15 WIB

Ramadiansyah Surya, Chaerowati Dede Lilis. (2021). Pemasaran Interaktif melalui Media Sosial sebagai Sarana Promosi Applecoast Clothing. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 1-9




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29146

Flag Counter