Strategi Komunikasi Guru SDN Mekarsari Ciasem dalam Mengajar Siswa Selama Pandemi Covid-19

Ainaya Agriani, Ike Junita Triwardhani

Abstract


Abstract. The Covid-19 pandemic is a phenomenon that hampers activities in the education sector, where teachers are unable to teach students directly and are limited, this is what underlies a research entitled Teacher Communication Strategies in Teaching Students During the Covid-19 Pandemic (Case Study). Communication Strategies for Teachers at Mekarsari Ciasem Elementary School in Teaching Students During the Covid-19 Pandemic). Where teachers are hampered when they have to teach and assess assignments on time, due to the lack of students who have cellphones or quotas. This study aims to analyze teacher teaching implementation activities, find out why teachers use digital media in teaching students, and discuss communication barriers encountered by teachers during learning to students during the Covid-19 pandemic. In this study, the author uses a qualitative method with a case study approach, and data collection using in-depth interviews, observation, and literature studies. The results of this study indicate that by using and managing appropriate and appropriate learning communication strategies by teachers to students at SDN Mekarsari Ciasem during the Covid-19 pandemic, students can continue to receive learning that is already their right, either by using online learning methods or by using online learning methods. offline, as well as the right communication strategy by the teacher so that it can help build good relationships between teachers and students.

Keywords: Communication Strategies, Online, Offline, The Covid-19 Pandemic.

Abstrak. Pandemi Covid-19 merupakan fenomena yang membuat kegiatan di bidang pendidikan menjadi terhambat, dimana guru menjadi tidak bisa mengajar siswa secara langsung dan terbatas, hal inilah yang mendasari adanya penelitian yang berjudul Strategi Komunikasi Guru Dalam Mengajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Strategi Komunikasi Guru SDN Mekarsari Ciasem Dalam Mengajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19). Dimana guru-guru terhambat ketika harus mengajar dan menilai tugas tepat waktu, karena kurangnya siswa yang memiliki hp atau kuota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan pelaksanaan mengajar guru, mengetahui mengapa guru menggunakan media digital dalam mengajar siswa, serta membahas hambatan komunikasi yang ditemui oleh guru pada saat pembelajaran terhadap siswa selama masa pandemi Covid-19. Di dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan pengumpulan data dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan dan mengelola strategi komunikasi pembelajaran yang tepat dan sesuai oleh guru kepada siswa SDN Mekarsari Ciasem di masa pandemi Covid-19, dapat membuat siswa tetap mendapatkan pembelajaran yang sudah menjadi hak mereka, baik dengan menggunakan metode pembelajaran daring maupun luring, juga adanya strategi komunikasi yang tepat oleh guru sehingga dapat membantu membangun hubungan yang baik pula antara guru dan siswa.

Kata kunci: Strategi Komunikasi, Daring, Luring, Pandemi Covid-19.


Keywords


Strategi Komunikasi, Daring, Luring, Pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Ali Sadikin, A. H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887

Giantika, G. G. (2020). Strategi Komunikasi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Siswa SDN Tebet Barat 01 Jakarta Selatan Di Masa Pandemi Covid -19. 11(30), 143–150.

Karakter, P., & Homeschooling, M. (2016). Journal of Nonformal Education. 2(1).

Novianti, R. D., Sondakh, M., & Rembang, M. (2017). Komunikasi Anatarpribadi Dalam Menciptakan Harmonisasi (Suami Dan Istri) Keluarga Didesa Sagea Kabupaten Halmahera Tengah. E-Journal"Acta Diurna", VI(2), 1–15. https://media.neliti.com/media/publications/94222-ID-komunikasi-antarpribadi-dalam-menciptaka.pdf

Petra, U. K., Budianto, I., Komunikasi, I., Kristen, U., & Surabaya, P. (2009). Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Proses Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dengan Murid Penyandang Autis Di Kursus Piano Sforzando Surabaya.

Pratiwi, W. I. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaanpembelajaran Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar , Klaten , Jawa Tengah. Jp3Sdm, 9(2), 30–46. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/psikologi/article/viewFile/717/679

Puspita, Y. (2015). The Usage of New Media to Simplify Communication and Transaction of Gay Prostitute. Jurnal Pekommas, 18(3), 203–212.

Ragin, G., Refando, A., & Utami, D. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(1), 54–60. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Humaniora, 16(2), 1–7. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/download/1283/1055

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 5(3), 133–140. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/3394/1884

Zubaidatul Fitriyah. (2019). Strategi Komunikasi Pembelajaran Guru dan Siswa dalam Pendidikan Karakter di TK Dharma Wanita Persatuan Meduran Roomo Gresik.

Anitah W, Sri. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sari, Puja Resma Nelam. (2021). Indonesia Digital Public Diplomacy on @kemlu_ri Instagram: Benefit and Challenges during COVID-19. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 36-45




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29091

Flag Counter   Â