Manajemen Komunikasi Virtual Saung Angklung Udjo pada Masa Pandemi Covid-19

Kinanti Putri Rudiana, Anne Maryani

Abstract


Abstract. The research entitled "Virtual Communication Management Saung Angklung Udjo during the Covid-19 Pandemic". The purpose of this study was to see virtual communication planning, see the implementation of virtual communication, and the reasons for choosing virtual communication to support the implementation of virtual performances conducted by Saung Angklung Udjo. The subjects in this study are the director of Saung Angklung Udjo, a supervisor of the saung angklung udjo’s show division, one of the saung angklung udjo’s artist, and an expert informant of the indonesian institute of cultural arts performance. The data techniques used in this study, interviews, literature study, and document use. The data analysis technique used in this research is data reduction, data presentation, leveraging and conclusion drawing. The results of this study are the virtual communication planning that Saung Angklung Udjo does in holding virtual performances is by promoting on Instagram social media, conducting pre-event activities by holding meetings between performance division managers, selecting a talent team. The implementation of virtual communication by Saung Angklung Udjo in holding virtual performances is carried out according to the concept of the planned performance. Virtual communication can support the ongoing process of performing a virtual performance by Saung Angklung Udjo because of the covid-19 pandemic situation, can inform and interest the general public in watching the virtual show, giving an experience to the viewer of the virtual show, keeping interactions with the audience intact.

Keywords: Management communication, virtual communication, virtual show.

Abstrak. Penelitian ini berjudul “Manajemen Komunikasi Virtual Saung Angklung Udjo pada Masa Pandemi Covid-19”. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan komunikasi virtual, mengetahui pelaksanaan komunikasi virtual, dan mengetahui alasan pemilihan komunikasi virtual untuk mendukung pelaksanaan pertunjukan virtual yang dilakukan oleh Saung Angklung Udjo. Subyek dalam penelitian ini adalah direktur Saung Angklung Udjo, supervisor divisi pertunjukan Saung Angklung Udjo, salah satu seniman binaan Saung Angklung Udjo, serta informan ahli salah satu dosen Fakultas Pertunjukan Institut Seni Budaya Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengamatan, wawancara, studi pustaka, dan penggunaan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan komunikasi virtual yang dilakukan Saung Angklung Udjo dalam menggelar pertunjukan virtual adalah dengan melakukan promosi di media sosial instagram, melakukan kegiatan pra event dengan mengadakan pertemuan antara manajer divisi pertunjukan, memilih tim talent. Pelaksanaan komunikasi virtual yang dilakukan Saung Angklung Udjo dalam menggelar pertunjukan virtual adalah dilaksanakan sesuai dengan konsep pertunjukan yang telah direncanakan. Komunikasi virtual dapat mendukung proses pelaksanaan pertunjukan virtual yang digelar Saung Angklung Udjo karena situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung dapat menginformasikan dan menarik minat masyarakat umum untuk menonton pertunjukan virtual, memberikan pengalaman bagi penonton pertunjukan virtual, menjaga interaksi dengan penonton supaya tetap terjaga

Kata Kunci: Manajemen komunikasi, komunikasi virtual, pertunjukan virtual.


Keywords


Manajemen komunikasi, komunikasi virtual, pertunjukan virtual.

Full Text:

PDF

References


Dito S.F & Anne M. 2018. Program “Rase Cinta Indonesia” (RCI) di Radio RASE (102,3 FM) dalam Membangun Apresiasi Pendengar Terhadap Musik Indonesia. Prosiding Manajemen Komunikasi, 4 (2), 850-855.

Dwi C.A & Aning S. 2019. Perecanaan Komunikasi Ghaisaniyara Wedding Planner dalam Memasarkan Bidang Jasa Pernikahan. Prosiding Manajemen Komunikasi, 5 (2), 766-773.

Hasmawati, F. 2018. Manajemen dalam Komunikasi. Al-Idarah, 5 (6), 76-86.

Septiyan, D. D. (2020). Perubahan Budaya Musik Di Tengah Pandemi Covid-19. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v2i1.37

Soedarsono, D. K. (2009). Sistem Manajemen Komunikasi Teori Model, dan Aplikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Wijaya, C. V., & Paramita, S. (2019). Komunikasi Virtual dalam Game Online (Studi Kasus dalam Game Mobile Legends). Koneksi, 3(1), 261. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6222

https://beritabaik.id/read?editorialSlug=seni&slug=1592816815739-pertunjukan-seni-dengan-kenormalan-baru-ala-saung-angklung-udjo (Diakses pada Sabtu, 27 Februari 2021 pkl. 19.23 WIB).

Sari, Puja Resma Nelam. (2021). Indonesia Digital Public Diplomacy on @kemlu_ri Instagram: Benefit and Challenges during COVID-19. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 36-45




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28695

Flag Counter