Hubungan Antara Digital Kampanye #Localpride dengan Keputusan Pembelian

Givani Akbar Ramadhan, Ike Junita Triwardhani

Abstract


Abstract. With so much internet usage, Nowadays digital campaigns have become one of the new trends used by various parties to persuade a wider audience, such as companies and influencers. The phenomenon of digital campaigns has succeeded in attracting the attention of many people because it can be easily accessed by the public.Digital campaigns are thus "a series of activities organized and designed for specific purposes related to the company's mission through digital technology" (Fransisca, 2016: 32). Persuasion is inherently contained in a campaign. Therefore, every campaign action is in principle an act of persuasion. Based on this the theory used in this study is the Elaboration Likehood Model Theory, where this theory explains the various ways in which people evaluate the information received (Littlejohn & Foss, 2008: 109). The campaign itself has a number of key dimensions or components including Communication, Message Content and channels or media (Venus, 2018). The purpose of this research is to find out the relationship between #LokalPride digital campaigns and Purchasing Decisions. The method used in this study is a quantitative method with a correlational approach. Data collection techniques in the form of questionnaires, and literature study. The population in this study were students of the Faculty of Communication Sciences Unisba by sampling using a random sampling technique.

Keywords: Digital Campaign, Purchase Decision, #LocalPride 

Abstrak. Dengan banyaknya penggunaan internet, Saat ini kampanye digital telah menjadi salah satu tren baru yang digunakan oleh berbagai pihak untuk mempersuasi khalayak yang lebih luas, seperti perusahaan dan influencer. Fenomena kampanye digital telah banyak berhasil menarik perhatian khalayak karena dapat dengan mudah di akses oleh masyarkat. Kampanye digital dengan demikian merupakan “serangkaian kegiatan terorganisir dan dirancang untuk tujuan tertentu terkait dengan misi perusahaan melalui teknologi digital†(Fransisca, 2016: 32). Persuasi secara inheren terkandung dalam kampanye. Dengan begitu, setiap tindakan kampanye pada prinsipnya merupakan tindakan persuasi. Berdasarkan hal tersebut teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Elaboration Likehood Model Theory, dimana teori ini menjelaskan berbagai cara orang dalam mengevalasi informasi yang diterima (Littlejohn & Foss, 2008:109). Kampanye sendiri memiliki beberapa dimensi atau komponen pokok diantaranya Komunikaor, Isi Pesan dan saluran atau media (Venus,2018). Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kampanye digital #LokalPride dengan Keputusan Pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fikom Unisba dengan penarikan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat Hubungan antara Saluran Kampnye Digital #LocalPride dengan Keputusan Pembelian Sepatu Compass.

Kata Kunci: Kampanye Digital, Keputusan Pembelian, #LokalPride


Keywords


Kampanye Digital, Keputusan Pembelian, #LokalPride

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penulisan: Suatu PendekatanPraktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2011. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya Edisi ke 2 Cetakan XV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kotler, Philip dan Kevin Lanne Keller. 2012.

Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Littlejohn, S. & Karen, A Foss. 2009. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba

Humanika

Mc.Quail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa: Buku 1 Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika.

Morissan. 2010. Periklanan; Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin dan Idi Subandy Ibrahim. 2016. Metode Penulisan Komunikasi. Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Saladin, Djaslim. 2013. Perilaku Konsumen dan Pemasaran Strategik. Bandung: Agung Ilmu.

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Terjemahan Edisi 7. Jakarta: Indeks

Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen: Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen. Jakarta: PT. Buku Seru.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26648

Flag Counter   Â