Hubungan Akun Instagram Siliwangi Holiday dengan Loyalitas Pelanggan

Aldika Muhamad Fadly, Udung Noor Rosyad

Abstract


Abstract. New media is media that developed in the era of interactive communication. New media is a social interaction perspective, which distinguishes media according to their proximity to face-to-face interaction. The new media used is Instagram social media. Social media is one of the platforms that appears in new media like on Instagram. In this study the new media used by Siliwangi Holiday is Instagram. Instagram is a tool to trust a service to bring out customer loyalty. The purpose of this study is to determine the relationship between messages conveyed through Instagram media so that customers become loyal to Siliwangi Holiday The method used in this research is quantitative with correlational studies. Data collection techniques used were questionnaires, and literature studies related to research. The informants in this study are Siliwangi Holiday admin, Siliwangi Holiday followers and customers. This informant was chosen because it was considered capable of providing opinions and information related to Siliwangi Holiday's Instagram relationship with customer loyalty. Theories and concepts used in this study are new media theory, dimensions of the use of social media and customer loyalty. The results of this study is the message content of the Siliwangi Holiday Instagram account has a significant relationship with the loyalty of customers and followers of the Instagram @Siliwangiholiday account".

Keywords: New Media, Media Social Instagram, Costumer Loyality.

Abstrak Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Media baru menjadi pandangan interaksi sosial, yang membedakan media menurut kedekatannya dengan interaksi tatap muka.media baru yang di gunakan yakni media sosial instagram. Media sosial merupakan salah satu platform yang muncul di media baru seperti pada instagram. pada penelitian ini media baru yang dipakai oleh Siliwangi Holiday adalah instagram. instagram adalah sebuah alat untuk mempercayai sebuah jasa untuk memunculkan keloyalitasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pesan yang di sampaikan lewat media instagram sehingga pelanggan menjadi loyal kepada Siliwangi Holiday Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan studi korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner,dan studi pustaka yang berkaitan dengan penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah admin instagram Siliwangi Holiday, followers dan pelanggan Siliwangi Holiday. Informan ini dipilih karena dianggap mampu untuk memberikan pendapat dan informasi terkait dengan  hubungan instagram Siliwangi Holiday dengan loyalitas pelanggan. Teori dan konsep yang digunakan  dalam penelitian ini adalah teori media baru, dimensi penggunaan media sosial dan loyalitas pelanggan. Hasil  dari penelitian ini adalah isi pesan akun instagram Siliwangi Holiday mempunyai hubungan cukup berarti dengan keloyalitasan dari pelanggan dan followers dari akun instagram @siliwangiholidayâ€.

Kata Kunci: Media baru, Media sosial instagram, Loyalitas pelanggan


Keywords


Media baru, Media sosial instagram, Loyalitas pelanggan

Full Text:

PDF

References


Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta:media kita.

Lievrouw, A. Leah and Sonia Livingstone. 2006. Handbook of New Media. Update Studentd Edition, London: Sage Publication.

Griffin Jill. 2003. Customer loyarly terj dwi kartini yahya. Jakarta : Erlangga.

Little Jhon. Stephen W, dan Karen A Foss. Teori Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Jurnal Ilmiah

Hadiwidjaja, R.S. Dharmayanti, Diah. (2015). Analisa Hubungan Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffe di Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Internet

â€https://www.instagram.com/siliwangiholiday/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26219

Flag Counter   Â