Fotografi sebagai Media Komunikasi Visual dalam Digital Marketing

Monica Melvriana Putri Christanto, Wiki Angga Wiksana

Abstract


Abstract. Nowadays, marketing activities have developed sophisticatedly. One form of marketing activity that follows technological developments is digital marketing or digital marketing. Digital marketing activities certainly utilize internet technology and other communication media, one of which is visual communication media as its support. Photography is one of the visual supports in digital marketing activities because photography activities produce a photo work where it is used by business people as product photos. Of course, product photos launched by a brand must go through several processes first so that the message to be conveyed is conveyed effectively to those who see it. With photography, brands can make potential consumers imagine what if the product is used. One of the local brands doing digital marketing activities is Hi Jack Sandals. Digital marketing carried out by Hi Jack Sandals uses website and social media channels where the marketing content they use is product photos. In this study, researchers used qualitative research methods with a descriptive approach. The data collection techniques used in this study used interviews, observation, documentation, and literature study. Based on the data analysis, it is concluded that the photography activities carried out by Hi Jack Sandals go through several stages, namely pre-production, production, and post-production. Then there are some disadvantages and advantages of using photography as a visual communication medium in digital marketing. And the process of selecting the work to become a product photo lies with the Creative Director of Hi Jack Sandals himself.

Keywords: Digital Marketing, Photography, Visual Communication Media

Abstrak. Di masa kini, kegiatan pemasaran sudah berkembang dengan canggih. Salah satu bentuk kegiatan pemasaran yang mengikuti perkembangan teknologi adalah pemasaran digital atau digital marketing. Kegiatan digital marketing tentu memanfaatkan teknologi internet dan media komunikasi lain, salah satunya adalah media komunikasi visual sebagai penunjangnya. Fotografi menjadi salah satu penunjang visual dalam kegiatan digital marketing karena kegiatan fotografi menghasilkan sebuah karya foto dimana hal tersebut dimanfaatkan bagi pelaku bisnis sebagai foto produk. Tentu foto produk yang diluncurkan oleh suatu brand harus melalui beberapa proses terlebih dahulu agar pesan yang ingin disampaikan tersampaikan secara efektif kepada yang melihatnya.Dengan adanya fotografi pula, brand dapat membuat calon konsumen membayangkan bagaimana jika produk tersebut ia gunakan. Salah satu brand local yang melakukan kegiatan digital marketing adalah Hi Jack Sandals. Pemasaran digital yang dilakukan oleh Hi Jack Sandals menggunakan saluran website dan social media dimana konten marketing yang mereka gunakan merupakan foto produk. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunkan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan fotografi yang dilakukan oleh Hi Jack Sandals melewati beberapa tahapan yaitu pra-production, production, dan post-production. Lalu terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan dari pemanfaatan fotografi sebagai media komunikasi visual dalam digital marketing. Serta proses pemilihan hasil karya untuk menjadi foto produk berada pada pihak Creative Director dari Hi Jack Sandals sendiri.

Kata Kunci : Digital Marketing, Fotografi, Media Komunikasi Visual


Keywords


Digital Marketing, Fotografi, Media Komunikasi Visual

Full Text:

PDF

References


Kotler, P. (2011). In Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian . Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kusumalestari, R. G. (2013). In Jurnalistik Foto Suatu Pengantar . Bandung: Simbiosa Rekatama Media .

Rakhmat, J. (2009). In Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosada Karya.

Satyo, F. (2009). In Intellectual Capital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26163

Flag Counter   Â