Makna Diskriminasi Sosial dalam Lagu sebagai Sarana Kritik Sosial

Rivaldi Alfin Ferozi, Dede Lilis Chaerowati

Abstract


Abstract. Music is one of the media that can be used as an art medium as well as a medium to communicate with other people. As a medium of communication music is used to convey messages to many audiences, the process of delivering messages in music is done through the movements or lyrics contained in the song. This research focuses on the meaning of social discrimination in Joyner Lucas's song, I'm not Racist as a means of social criticism and aims to get a connotative, denotative and myths of meaning to find out what the meaning of social discrimination that contained in the song I'm not Racist. The methodology used is a qualitative research method with Roland Barthes’s semiotic analysis approach. Data collection techniques used in this study were interviews, observation and documentation. The validity test in this research includes the credibility test, the transferability test, the dependability test, and finally the objectivity test and uses triangulation techniques. The results showed that the lyris of the song I’m not Racist contain the meaning of social discrimination which can be used as lessons to respect human differences.

Keywords: Social Discrimination, Semiotics, Social Criticism, Joyner Lucas, Roland Barthes

Abstrak. Musik merupakan salah satu media yang dapat digunakan sebagai media kesenian sekaligus media berkomunikasi dengan oranglain. Sebagai media komunikasi musik digunakan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak yang banyak, proses penyampaian pesan dalam bermusik dilakukan melalui gerakan ataupun lirik yang terdapat pada lagu tersebut. Penelitian ini berfokus pada makna diskriminasi sosial dalam lagu karya Joyner Lucas yang berjudul I’m not Racist sebagai sarana kritik sosial dan bertujuan untuk mendapatkan makna konotasi, denotasi dan mitos untuk mengetahui bagaimana makna diskriminasi sosial yang terdapat pada lagu I’m not Racist. Metodologi yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini meliputi uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan terakhir uji objektivitas dan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada lirik dari lagu I’m not Racist mengandung makna diskriminasi sosial yang dapat dijadikan pelajaran untuk menghargai perbedaan sesama manusia.

Kata kunci: Diskriminasi Sosial, Semiotika, Kritik Sosial, Joyner Lucas, Roland Barthes


Keywords


Diskriminasi Sosial, Semiotika, Kritik Sosial, Joyner Lucas, Roland Barthes

Full Text:

PDF

References


Baron, A. Robert & Byrne, Donn. 1991. Social Psychology. London: Allyn and Bacon.

Brillianti, R. A. M., & Chaerowati, D. L. 2019. Komunikasi antar Budaya dalam Proses Adaptasi Mahasiswa Multietnis. Prosiding Manajemen Komunikasi 5(1), 260. (http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/15635)

Jones, J.M. 1997. Prejudice and racism 2nd edition. New York: The Mcgraw-Hill Companies.

Lustyantie, Ninuk. 2012. Pendekatan Semiotik Model Roland Barthes dalam Karya Sastra Prancis. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Paita, Yunus Pangeran. 2020. Komunikasi Ekspresif Estetik Karya Seni. Journal of Media and Communication Science Vol.3, No.2, 2020, hlm. 70-77. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Robbins, J.G & Jones, B.S. (1995). Komunikasi yang Efektif: untuk Pemimpin, Pejabat dan Usahawan. Alibahasa R. Turman Sirait. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Samovar, Larry A. & Edwin R Mc Daniel, Richard E. Porter. 2010. Intercultural Communication a Reader 9th Edition. Belmont: Wadsworth.

Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiawardana, Ridwan. 2014. Pemaknaan Realitas Serta Bentuk Kritik Sosial Dalam Lirik Lagu Slank. Skriptorium, Vol.2, No.2, 2014. Surabaya: Universitas Airlangga.

Sumardjo. J. 2000. Filsafat Seni. Bandung: Institut Teknologi Bandung

Syafiq, M. 2003. Ensiklopedia Musik Klasik. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25526

Flag Counter   Â