Hubungan Karakteristik Brand Ambassador dengan Loyalitas Anggota Komunitas K-Popers pada Merek Mie Sedaap

Ghina Neviana, Anne Ratnasari

Abstract


Abstracts. When running a business, every company wants their product or service that they sell is known by many people. The wider the consumer is reached, the more sales numbers will be achieved. Mie Sedaap choose to release a new variant of flavors. The new product named Mie Sedaap Selection Korean Spicy Chicken and they are collaborating with South Korean selebrities, Choi Siwon, as a brand ambassador. The purpose of this study is to determine how much the relationship between characteristic of Choi Siwon and brand loyalty. This research is a quantitative study using the bivariate rank spearman correlation method. This study uses the VisCAP model to determine the characteristics of brand ambassadors with indicators including visibility, credibility, attraction, and power. In this study, there is a variable X (brand ambassador characteristics) and a variable Y (brand loyalty). The results of this study indicate that the characteristics of Choi Siwon's brand ambassador and loyalty to the Mie Sedaap brand have a significant and significant relationship. This significant  relationship shows that visibility, credibility, attraction and power have a relationship in the formation of brand loyalty.

Keyword: Brand Ambassador, VisCAP Model, Brand Loyalty, Mie Sedaap, K-Popers.

Abstrak. Dalam menjalani suatu usaha, setiap perusahaan pasti menginginkan produk atau jasa yang mereka jual dikenal oleh banyak orang. Semakin luas konsumen yang dijangkau maka semakin banyak angka penjualan yang akan dicapai. Cara yang dilakukan oleh Mie Sedaap adalah dengan mengeluarkan inovasi varian rasa baru, yaitu Mie Sedaap Selection Korean Spicy Chicken dengan menggandeng langsung selebriti asal Korea Selatan sebagai brand ambassador, yakni Choi Siwon. Penelitian ini tujuannya ialah guna melihat sebesar apa hubungan karakteristik Choi Siwon dengan loyalitas merek. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  dengan metode korelasi bivariate rank spearman. Penelitian ini menggunakan model VisCAP untuk mengetahui karakteristik brand ambassador dengan indikatornya yang meliputi visibility, credibility, attraction, dan power. Pada penelitian ini ada variabel X (karakteristik brand ambassador) dan variabel Y (loyalitas merek). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik brand ambassador Choi Siwon dengan loyalitas pada merek. Mie Sedaap memiliki hubungan yang cukup berarti dan signifikan. Hubungan yang cukup berarti tersebut menunjukkan bahwa visibility, credibility, attraction dan power memiliki hubungan dalam terbentuknya loyalitas pada merek.

Kata Kunci: Brand Ambassador, Model VisCAP, Loyalitas Merek, Mie Sedaap, K-Popers.

Keywords


Brand Ambassador, Model VisCAP, Loyalitas Merek, Mie Sedaap, K-Popers

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: Satu Nusa.

Iriantara, Yosal. (2004). Manajemen Strategis Public Relation. Jakarta: Ghalia.

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mowen, J. C., dan Minor, M. (2001). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Royan, Frans. (2004). Marketing Celebrities. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terbaru Edisi ke-5 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Smilansky, S. (2009). Experiential Marketing. Great Britain and United States: Kogan Page Limited.

Tjiptono, F. (2000). Manajemen Jasa Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Lea-Greenwood, Gaynor. 2012. Fashion Marketing Communication E-book. New Jersey: Wiley. Tanggal Akses 31 Mei 2020, pk. 20.38 WIB.

Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Pasuruan: Penerbit Qiara Media. Tanggal Akses 31 Mei 2020, pk. 20.33 WIB.

Sukoco, Sampir Andrean. 2017. New Komunikasi Pemasaran: Teori dan Aplikasinya. Jember: Pustaka Abadi. Tanggal Akses 31 Mei 2020, pk.20.35 WIB.

Adiwijaya, Michael. 2007. "Analisa Strategi Reposisi Merek dalam Persaingan Pasar," dalam Jurnal Manajemen Pemasaran. Volume 2, Nomor 2, Tahun 2007 (hlm. 66-72).

Bahrudin, M., & Zuhro, S. 2016. "Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan," dalam Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463

Hamdan, Y., Ratnasari, A., Sofyan, A., & Tandika, D. 2017. "Promosi Bisnis Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan," dalam InterKomunika. Volume 2, Nomor 2, Tahun 2017 (hlm 108). https://doi.org/10.33376/ik.v2i2.9

Kurniawan, F. J. 2014. "Analisa Pengaruh Visibility, Credibility, Attraction, dan Power Celebrity Endorser terhadap Brand Image Bedak Marcks Venus," dalam Jurnal Strategi Pemasaran.

Mudzakir, F. (2018). the Influence of Brand Ambassador Usage Toward Brand Image of Oppo. Industrial Research Workshop and National Seminar.

Natalia, P., & Mulyana, D. M. (2014). Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. 2(2), 119–128.

Putra, M. (2014). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada pengguna LINE di Asia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.

Sari, M., & Rinawati, R. (2014). Hubungan antara Brand Awaareness dengan Brand Ambassador Mischief Denim The Relationship between Brand Ambassador with Brand Awareness Mischoef Denim visibility , credibility attraction dan power Seperti salah satu merek lokal asal Bandung secara sadar at. 145–152.

Idris, Muhammad. 2017. “RI Impor Mie Instan, Paling Banyak dari Korea dan China,†Tanggal Akses 25 April 2020, pk. 19.00 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25478

Flag Counter   Â