Hubungan antara Proses Pencarian Informasi pada Akun Instagram @Bandungtalk dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers Aktif

Agi Galuh Cipta Permana, Anne Maryani

Abstract


Abstract. This study aims to determine the relationship between the process of finding information on Instagram @Bandungtalk with the fulfillment of the needs of active followers. The method used is quantitative correlational method. The population of this study is the active followers of Instagram @ bandungtalk. With a sample size of 98 active followers from the total population. The method of data collection is done by observation, interviews, and literature study.The theory used in this research is information search theory that explains when searching for or obtaining information, people will tend to avoid information that is not in accordance with the image of reality because it will be considered disturbing and threatening the entire system that exists in him. Every human being in this age of rapid technological and information development certainly needs information to meet needs. Therefore in this study the researchers tried to link the process of finding information with meeting the needs of using quantitative correlational methods. Research Focus. This research is the process of finding information on Instagram @bandungtalk by fulfilling the needs of active followers.In this study, researchers used several aspects of information search theory namely 1) information seeking 2) avoidance of information and aspects of meeting the needs used by researchers, namely 1) cognitive needs 2) affective needs 3) personal integration needs If there is a relationship between the two variables X and Y then if the information retrieval process carried out by active followers relates to meeting needs, the Instagram account @ bandungtalk becomes a positive information resource.

Keywords: Information Search Process, Information Search, Need Fulfillment, Instagram, followers.

Abstrak. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat mendorong munculnya kelahiran era media informasi digital diberbagai platfrom media sosial salah satunya instagram @Bandungtalk. Ledakan informasi menyebabkan berbagai respons yang diberikan follower terkait dengan pemenuhan kebutuhan informasi yang sesuai dengan image of reality- nya,sehingga peneliti mencoba menghubungkan proses pencarian informasi dengan pemenuhan kebutuhan informasi menggunakan metode kuantitatif korelasional. Fokuspada penelitian ini yaitu seberapa besar hubungan antara pencarian informasi melalui instagram @bandungtalk dengan pemenuhan kebutuhan informasifollower. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Proses Pencarian Informasi Di Instagram @Bandungtalk Dengan Pemenuhan Kebutuhan Followers Aktif. Metode yang digunakan adalah  metode korelasional kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu followers aktif instagram @bandungtalk dengan jumlah sampel sebanyak 98followers dari total populasi yang ada. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pencarian informasi yang menjelaskan kecenderungan respon manusia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi yang diterima. Aspek-aspek dalam teori pencarian informasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu 1) pencarian informasi 2) penghindaran informasi, dan aspek aspek pemenuhan kebutuhan informasi yang digunakan yaitu 1) kebutuhan kognitif 2) kebutuhan afektif 3) kebutuhan integrasi personal. Jika ada hubungan diantara kedua variabel X dan Y maka proses pencarian informasi yang dilakukan oleh followers aktif berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan informasi, dan akun instagram @bandungtalk menjadi sumberdaya informasi yang positif.

Kata Kunci: Informasi, Pencarian informasi, instagram, followers,.

Keywords


Informasi, Pencarian informasi, instagram, followers

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yusuf. (2009). Guru dan pembelajaran bermutu. Bandung: Rizqi Press.

Amstrong, Thomas, (2009) Multiple Intelegences in The Classroom, CA: Cloverdale

Darmini, Anak Agung Sagung Rai dan I Nyoman Wijana Asmara Putra.2009. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengaruhnya pada Kinerja Individual pada Bank Pengkreditan Rakyat di Kabupaten Tabanan.Jurnal Akuntansi dan Bisnis.Vol. 4 no.1, Hal.64-72.

Donohew, L and L, Tipton. 1973. A Conceptual Model Information Seeking, Avoiding and Processing. New Holder for Communication Research. Sage Publication : London.

HM, Jogiyanto, 1999, Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, ANDI Yogyakarta, Yogyakarta.

Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta :Graha Ilmu

Kusumaningrat, H. dan Kusumaningrat, P.(2007). Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Lasa HS. 2009. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher

Mason, C.L.J. dan Wilson R.M.S. (2000). Conceptualising Financial Literacy. Occasional Paper, 2000:7. Loughborough: Business School, Loughborough University

Masri Singarimbun. 2011. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2002. Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi. Edisi I. ANDI Yogyakarta

Rakhmat, J. 1991. Psikologi Komunikasi:Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sendjaja, S. Djuarsa. 1994. Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka

Singarimbun, Masri. Dan Sofyan Effendi. 1987. Metodologi Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta

Singarimbun, Masri.1995. Metode Penelititan Survei. LP3S, Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009)

Sumadi Suryabrata. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali.

Sutabri, Tata .2005. Sistem Informasi Manajemen.2005. Jakarta.

https://adekusnadi.wordpress.com/2012/10/29/uji-validitas-dan-reliabilitas-soal-uraian-dengan-microsoft-excel-2007

https://apjii.or.id/content/read/104/418/BULETIN-APJII-EDISI-40---Mei-2019




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25217

Flag Counter   Â