Hubungan antara Kualitas Informasi tentang Covid-19 dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers

Said Byan M. F. A, Anne Ratnasari

Abstract


Abstract. The current development of information flows, cannot be denied due to the development of information and communication technology. On Instagram itself as a medium that informs, entertains, and educates its users, it is enough to provide these messages to the public. The information conveyed insocial media is Instagram used by Pikobar Jabar to be able to pass through several features such as; posting photos or videos, instastories, This research also aims to determine the relationship between the quality of information carried out by Pikobar Jabar via Instagram, namely information accuracy, timeliness, completeness of information and formatting. The theory used is uses and effects. The method used is quantitative methods using a correlational study of sampling using random sampling. The research data was obtained by distributing questionnaires to 96 respondents, in which the respondents themselves were followers activeof Instagram of Pikobar Jabar. The result of the study is that there is a strong relationship between the quality of information about Covid-19 and the fulfillment of information needs. Therefore, researchers suggest that Pikobar Jabar can continue to maintain or improve the quality of information presented to followers in order to meet information needs

Keywords: Information, Social Media, Information Quality

Abstrak. Perkembangan arus informasi saat ini, tidak dapat dipungkiri terjadi karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi..  Di Instagram sendiri sebagai salah satu media yang menginformasikan, menghibur, dan mengedukasi bagi para penggunanya cukup memberikan pesan pesan tersebut kepada khalayak. Informasi yang disampaikan dalam media sosial instagram dimanfaatkan oleh Pikobar Jabar bisa memelalui beberapa fitur seperti; posting foto atau video, instastories, Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas informasi yang dilakukan oleh pikobar jabar melalui instagram yaitu keakuratan informasi, ketepatan waktu, kelengkapan informasi dan pemformatan.Teori yang digunakan ialah uses and effect. Metode yang digunakan menggunakan metode kuantitatif menggunakan studi korelasional penarikan sampel menggunakan random sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan dibagikannya angket atau kuesioner kepada 96 responden yang di mana responden sendiri adalah followers aktif instagram Pikobar Jabar. Hasil dari penelitian adalah terdapat hubungan yang kuat antara kualitas informasi tentang Covid-19 dengan pemenuhan kebutuhan informasi. Oleh sebab itu, peneliti menyarankan agar Pikobar Jabar dapat terus mempertahankan atau meningkatkan kualitas informasi yang disajikan kepada followers guna memenuhi kebutuhan informasi

Kata Kunci: Informasi, Media Sosial, Kualitas Informasi


Keywords


Informasi, Media Sosial, Kualitas Informasi

Full Text:

PDF

References


Rakhmat, Jalaluddin dan Ibrahim, I. S. (2017). Metode Penelitian Komunikasi (Cetakan Ke). Simbiosa Rekatama Media.

Sendjaja, S. D. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. UniveristasTerbuka.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Andi Yogyakarta.

Todd., R, R, N. (2005). Antecendents of Information and System Quality: An Emperical Examination Within The Context of Data Warehousing.

Yusup, P. M. (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi (Information Retrieval) (1st ed.). Prenada Media.

Ratnasari, Hamdan, Julia. 2017. Promosi Penjualan Produk Melalui Instagram. Jurnal Inter Komunikasi. Universitas Islam Bandung, Volume 2, Nomor 2, Tahun 2017. (hlm 102).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25167

Flag Counter   Â