Hubungan Iklan Halodoc di Media Sosial terhadap Minat Viewers Menggunakan Aplikasi Halodoc

Refania Megantari Putri, Mochammad Rochim

Abstract


Abstract. Social media has enormous power today, many consider that social media is very influential in every human activity, one of the media is Youtube. Halodoc is a company that is expanding its reach to consumers through the social media Youtube. This research was conducted to determine whether there is a relationship between Halodoc Ads on Yotube Social Media and the interest of viewers using the Halodoc application. The theory used in this research is the new media theory. The method used is quantitative, with data obtained through online questionnaires to 50 respondents who are viewers of Halodoc advertisements on Youtube. The data analysis technique used in this research is statistical data analysis using SPSS24 which is presented in tabular form and descriptive description. With the data obtained through distributing questionnaires to 50 respondents. The study shows that the correlation test results against the main hypothesis have a very strong level of relationship, because the pearson correlate value shows the number 0.805. While the sub-hypothesis of this study shows the results of the correlation test with a strong level of relationship, namely the pearson correlate value that is between 0.400 - 0.799. The results of the validity test in this study found valid results for the 29 statement items. And for the reliability test results, it is stated that all variables have reliable results, so that the statement is considered accurate to test the respondent's answer. It can be concluded that the results of the study are that there is a relationship between Halodoc advertisements on Youtube and the interest in using the Halodoc application.

Keywords: Social Media, Relationship, Halodoc, Youtube, Interest in Using.

Abstrak. Media sosial mempunyai kekuatan yang sangat besar saat ini, banyak yang menganggap bahwa media sosial sangat berpengaruh dalam setiap kegiatan manusia, salah satu media nya adalah Youtube. Halodoc merupakan salah satu perusahaan yang memperluas jangkauan terhadap konsumennya melalui media sosial Youtube. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Iklan Halodoc  di Media Sosial Yotube  terhadap minat viewers menggunakan aplikasi Halodoc. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori new media. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan data yang diperoleh melalui kuesioner online kepada 50 responden yang merupakan viewers dari iklan Halodoc di Youtube. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu analisis statistik data menggunakan SPSS24 yang disajikan dalam bentuk tabel dan penjabaran deskriptif. Dengan data yang diperoleh melalui penyeberan kuesioner kepada 50 responden. Penelitian menunjukkan hasil uji korelasi terhadap hipotesis utama memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat, karena nilai pearson correlate menunjukkan angka 0,805. Sedangkan sub hipotesis penelitian ini menunjukan hasil uji korelasi dengan tingkat hubungan yang kuat, yaitu nilai pearson correlate yang berada diantara 0,400 – 0,799. Hasil dari uji validitas pada penelitian ini, didapati hasil yang valid untuk ke-29 item pernyataan. Dan untuk hasil uji reliabilitas, dinyatakan keseluruhan variabel memiliki hasil reliabel, sehingga pernyataan dianggap akurat untuk menguji jawaban responden. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian yaitu terdapat hubungan antara iklan Halodoc di Youtube terhadap minat menggunakan aplikasi Halodoc.       

Kata Kunci: Media Sosial, Hubungan, Halodoc, Youtube, Minat Menggunakan.


Keywords


Media Sosial, Hubungan, Halodoc, Youtube, Minat Menggunakan.

Full Text:

PDF

References


A, Shimp, Terence .2003. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta :Erlangga.

Kasali, Rhenald. (1992). Manajemen Periklanan Konsep dan aplikasinya Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran (Edisi II). Yogjakarta: Penerbit Andi.

Widika, T. "Sejarah Berdirinya YouTube." Retrieved from Sejarah Dunia: https://canacantya. wordpress. com/sejarah (2013).Sendjaja, S. D. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. UniveristasTerbuka.

Putra, A., & Ruzikna, R. (2016). Pengaruh Promosi dan Pelayanan terhadap Minat Konsumen pada Produk Perabot (Kasus Kindy Jati Gallery Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).

Putri, Dian Miranti., Ike Junita. 2019. “Hubungan Karakteristik Konten Instagram Dengan Minat Menonton Konser We.The.Fest 2019â€. Makalah disampaikan Seminar Semester Ganjil Prodi Manajemen Komunikasi Fikom Unisba Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25157

Flag Counter   Â