Hubungan antara Promosi Penjualan di Instagram dengan Minat Beli Konsumen

Putri Radhitya Andaru, Rini Rinawati

Abstract


Abstract. Using a lot of platforms for marketing is an old thing, social media especially Instagram is used not only as a place to interact but also as a place to buy and sell. This research was conducted on the grounds that co.choc products are one of the products that chose the raw material of the drink is chocolate which for now coffee shops are very rampant in any city. This study also aims to find out how much the relationship between sales promotions, discounts, joint promotions and premiums offered with buying interest of co.choc products through Instagram on the folowers themselves, so that the results of this study can be motivated and evaluated. The method used is a quantitative method using correlational analysis of sampling using Simple Random Sampling. The research data was obtained by distributing questionnaires or questionnaires to 100 respondents where the respondents themselves were followers of co.choc products on Instagram.

Keywords— Sales Promotion, Purchase Interest.

Abstrak. Menggunakan banyak platform untuk hal pemasaran adalah hal lama, media sosial khususnya instagram digunakan selain sebagai tempat berinteraksi namun dijadikan juga untuk tempat jual beli. Penelitian ini dilakukan dengan alasan karena  produk co.choc adalah salah satu produk yang memilih bahan baku minumannya adalah coklat yang dimana untuk sekarang kedai kopi sangat merajalela di kota manapun. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara promosi penjualan yaitu diskon, promosi bersama dan premi yang ditawarkan dengan minat beli produk co.choc melalui instagram terhadap folowers itu sendiri, sehingga hasil dari penelitian ini bisa menjadi motivasi dan evaluasi. Metode yang digunakan menggunakan metode kuantitatif menggunakan studi korelasioanal penarikan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Data penelitian diperoleh dengan dibagikannya angket atau kuesioner kepada 100 responden yang dimana responden sendiri adalah followers produk co.choc di instagram.

Kata Kunci: Promosi Penjualan, Minat Beli.


Keywords


Promosi Penjualan, Minat Beli.

Full Text:

PDF

References


Aditiawarman, M. dkk. (2019). Hoax dan Hate Speech di Dunia Maya. Padang: Lembaga Kajian Aset Budaya Indonesia.

Basu, S. (2009). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Chandra, B. (1995). Pengantar Statistik Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Durianto, dan L. S. (2004). Strategi Menaklukan Pasar, melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, Darmadi, S. dan T. S. (2004). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. dan G. A. diterjemahkan oleh B. S. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Erlangga

Tandjung, J. W. dkk. (2013). Stop Promotion, Start Communication: Strategi Menembus Pasar dengan Biaya Murah, Berdampak Luar Biasa. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24654

Flag Counter   Â