Hubungan antara Status Decacorn Gojek terhadap Minat Berkarir di Bidang Startup

Nirwan Alamsyah, Ike Junita Triwardhani

Abstract


Abstract. This study is entitled "The Correlation between Decacorn Gojek Status to Career Interest in Startup", which aims to determine the effect of Decacorn Gojek Status on career interest in the Startup field in Communication Management Students at Unisba Final Level. Gojek has now become the first Decacorn in Indonesia, this has encouraged the growth of the country's digital economy through online transportation offered by Gojek. The current Gojek brand image has great potential to get special attention for job seekers to start a career in startup according to their expertise, the three main pillars carried by Gojek can be the foundation for the business and achievements Gojek has achieved. The theory that forms the basis of this research is the theory of innovation diffusion. The first Decacorn status in Indonesia, which is the Gojek brand image, consists of four dimensions, namely the elements of personality, reputation, values and corporate identity, so that information dissemination of new ideas or things to the public will emerge as a new innovation for interested in a career in startup. The method used is quantitative correlation research methods. The chosen respondent was the Students of Communication Management at the Final Level of Unisba as many as 70 people by using proportional stratified random sampling techniques and relevant literature. The result of this research are : the relation between personality aspect to Career Interest in Startupis 0.458. it means there is a meaningful relationship category. Then the relation between reputation aspect to Career Interest in Startup is 0,671, and it means there is a meaningful relationship category. And the third, the relation between value aspect to Career Interest in Startup is 0,373, it means there is a low correlation but definite relation category. And the last one, the relation between corporate identity aspect to Career Interest in Startup is 0,559, it means there is a meaningful relationship category. The conclution is that the Decacorn Gojek status influence to carrer interest in startup.

Keywords: Brand Image Effects, Decacorn Gojek Status, Career Interests, Startup.

Abstrak. Penelitian ini berjudul “Hubungan antara Status Decacorn Gojek terhadap Minat Berkarir dibidang Startupâ€, yang bertujuan untuk mengetahui efek yang terdapat pada Status Decacorn Gojek terhadap minat berkarir dalam bidang Startup pada Mahasiswa Manajemen Komunikasi Tingkat Akhir Unisba. Gojek kini telah menjadi Decacorn pertama di Indonesia, hal ini mendorong pertumbuhan ekonomi digital negara lewat transportasi online yang ditawarkan Gojek. Citra merek Gojek saat ini, berpotensi besar mendapatkan perhatian khusus bagi para pencari lowongan pekerjaan untuk memulai karir di bidang startup sesuai keahliannya, tiga pilar utama yang diusung Gojek dapat menjadi pondasi atas usaha serta pencapaian yang telah dirahi Gojek. Teori yang menjadi landasan dalam penelitian ini ialah teori Difusi Inovasi. Status Decacorn pertama di Indonesia yang menjadi citra merek Gojek terdiri dari empat dimensi yaitu unsur kepribadian, reputasi, nilai nilai dan identitas perusahaan sehingga muncul penyebaran informasi atas ide-ide atau hal-hal baru kepada masyarakat sebagai inovasi baru untuk berminat berkarir di bidang startup. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian korelasi kuantitatif. Responden yang dipilih adalah Mahasiswa Manajemen Komunikasi Tingkat Akhir Unisba sebanyak 70 orang dengan menggunakan teknik sampling acak berstrata proporsional dan kepustakaan yang relavan. Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah adanya hubungan antara kepribadian terhadap minat berkarir di bidang startup sebesar 0,458 tersebut termasuk kategori hubungan cukup berarti. Kemudian adanya hubungan antara reputasi terhadap minat berkarir di bidang startup sebesar 0,671 termasuk kategori hubungan cukup berarti. Yang ketiga adanya hubungan antara nilai - nilai terhadap minat berkarir di bidang startup sebesar 0,373 tersebut termasuk kategori hubungan rendah tapi pasti. Dan yang terakhir, adanya hubungan antara identitas perusahaan terhadap minat berkarir di bidang startup sebesar 0,559 tersebut termasuk kategori hubungan cukup berarti. Dapat dikatakan bahwa status Decacorn  Gojek mempengaruhi minat mahasiswa untuk berkarir di bidang Startup.

Kata Kunci: Efek Citra Merek, Status Decacorn Gojek, Minat Berkarir, Startup.

Keywords


Efek Citra Merek, Status Decacorn Gojek, Minat Berkarir, Startup.

Full Text:

PDF

References


Darmadi. (2018). “Membaca Yuuk..! Strategi Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sejak Usia Dini. bogor: guepedia.com.

Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Grasindo.

Praditya, Y. (2020). Road To Success. YPR Group.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rohim, S. (2009). Teori Komunikasi : perspektif, ragam dan aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Simamora, B. (2002). Aura Merek : 7 Langkah Membangun Merek yang Kuat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yudhanto, Y. (2018). Information Technology Business Start-up : ilmu dasar merintis startup berbasis teknologi informasi untuk pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wirabrata, A. (2016). Prospek Ekonomi Digital Bagi Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi . Kajian Singkat terhadap Isu Aktual dan Stategis. Volume 8, Nomor 2, 14.

Ratnasari, Anne. 2001. Strategi Komunikasi Repositioning Perguruan Tinggi : Kasus PTN setelah menjadi BHMN. Vol.17, No.1, Tahun 2001.

TheGlobalUnicornClub. https://www.cbinsights.com/research-unicorn-companies

Ramadhani, Yulaika. 2019. "Mengenal Istilah Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn dalam bisnis startup". https://tirto.id/mengenal-unicorn-decacorn-dan-hectocorn-dalam-startup-dhk9. Tanggal akses 23 Oktober 2019, pk. 2.49 WIB.

Rachelea, Sarah. 2019. "Memahami Istilah Unicorn, Decacorn dan Hectocorn dalam Dunia Startup". https://www.suratkabar.id/121452/peristiwa/memahami-istilah-unicorn-decacorn-dan-hectocorn-dalam-dunia-startup. Tanggal akses 24 Oktober 2019, pk. 17.00 WIB.

https://www.gojek.com/about/ diakses pada tanggal 21 Oktober 2019 pukul 21.11 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24601

Flag Counter   Â