Hubungan antara Kredibilitas Akun Instagram @Storie.id dengan Minat Beli Konsumen pada Followers Akun @Storie.id

Nadhifah Khaerunisa, O Hasbiansyah

Abstract


Abstract. In this modern era and increasingly sophisticated technology, many of us must use the internet as a need to find information, exchange information and can also provide information to most people. With the internet, there are a lot of social media in the middle of society today like Instagram social media which almost all levels of society have Instagram accounts, Instagram is the right application for all people to express themselves either through photos or videos. Some people also use Instagram as a place to do business online, either marketing their products or providing information that is suitable for their individual needs. Including the @ storie.id account which is an account that is suitable for women who like skincare, who need a review of various products and also knowledge about facial skin. Each account must certainly have good credibility in the eyes of its followers because it can affect the account going forward and also can influence followers to make purchases. This study aims to determine whether there is a relationship between the credibility of the Instagram @ storie.id account with buying interest in @ storie.id account followers. using a quantitative research method with a correlation approach that connects two or more variables. Data collection techniques in this study used a questionnaire / questionnaire, literature study and observation. The population in this study were Followers of the @ storie.id account of 411,000. While the samples in this study were 100 people using the formula Slovin 10%. The data analysis technique used in this study uses statistical analysis with the help of SPSS version 20. The results of this study show that there is a significant relationship between the credibility of the Instagram @ storie.id account with the buying interest in the @ storie.id account followers, with the Rank correlation coefficient Spearman 0.709 means Relationship between credibility of Instagram @ storie.id account with buying interest in @ storie.id account followers on very strong relationship.

Keywords: Instagram , credibility , Interest in buying, @storie.id.

 

Abstrak. Pada saat ini zaman semakin modern dan teknologi semakin canggih, banyak diantara kita pasti menggunakan internet sebagai kebutuhan untuk mencari suatu informasi, bertukar informasi dan juga dapat memberikan informasi kepada sebagaian banyak orang. Dengan adanya internet maka banyaknya media sosial yang hadir tengah masyarakat saat ini seperti media sosial instagram yang hampir semua lapisan masyarakat memiliki akun instagram, instagram merupakan aplikasi yang tepat bagi semua masyarakat untuk mengekspersikan dirinya baik lewat foto maupun video. Sebagian orang pun memanfaatkan instagram sebagai wadah untuk berbisnis secara online baik memasarkan produknya atau memberikan suatu informasi yang sesuai bagi kebutuhan masing-masing orang. Termasuk pada akun @storie.id yang merupakan akun yang cocok bagi para wanita yang menyukai skincare, yang membutuhkan rieview dari berbagai produk dan juga pengetahuan mengenai kulit wajah. Setiap akun tentunya harus memiliki kredibilitas yang baik di mata para followers nya karna hal tersebut dapat mempengaruhi akun tersebut kedepannya dan juga dapat mempengaruhi followers untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan antara Kredibilitas akun instagram @storie.id dengan minat beli pada followers akun @storie.id. menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Kolerasi yang menghubungkan dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner/angket, studi pustaka dan observasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah Followers dari akun @storie.id sebanyak 411.000. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus slovin 10%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan bantuan aplikasi SPSS versi 20. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan Kredibilitas akun instagram @storie.id dengan minat beli pada followers akun @storie.id, dengan koefisiesn kolerasi Rank Spearman 0,709 artinya Hubungan Kredibilitas akun instagram @storie.id dengan minat beli pada followers akun @storie.id pada hubungan yang sangat kuat.

Kata Kunci: Instagram,Kredibilitas,MinatBeli Konsumen, @storie.id.


Keywords


Instagram,Kredibilitas,MinatBeli Konsumen, @storie.id.

Full Text:

PDF

References


David, E. R. (Eribka), Sondakh, M. (Mariam), & Harilama, S. (Stefi). (2017). Pengaruh Konten Vlog Dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna.

Erianti, D., & Athanasius, S. S. (2020). Peran Brand Trust dalam Pengaruh Kredibilitas Selebgram Endorser dan Perceived Value terhadap Brand Loyalty Pada Produk Kosmetik Di Semarang. JEMAP, 2(2), 287. https://doi.org/10.24167/jemap.v2i2.2459

Irpansyah, M. A., Ramdan, A. M., & Danial, R. D. M. (2019). Kredibilitas dan Kekuatan Selebgram dalam Meningkatkan Minat Beli pada Toko Online di Instagram. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 2(2). https://doi.org/10.31539/costing.v2i2.554

PENGARUH KEPERCAYAAN, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA SHOPPE SECARA ONLINE PADA ANGGOTA PEMUDA GMIM ZAITUN MAHAKERET. (2018). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20932

Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), 12. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v19i1.5101




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24349

Flag Counter   Â