Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Rebranding (Studi Kasus Rebranding PO. Mulyasari Pratama menjadi PO. Gustika Trans)

Senny Gustika Noviantina, Rini Rinawati Rinawati

Abstract


Abtract. The purpose of this research is to know the marketing communication strategy conducted by Gustika Trans Bus Company in improving the company's image. The research methods used are qualitative research methods using a case study approach using a constructivicist paradigm. With this research method, researchers want to analyze the process of a social phenomenon Rebranding conducted by Gustika Trans and know the meaning behind the phenomenon and information about communication strategy conducted by Gustika Trans through rebranding. The data collection techniques used in this study were through observations, interviews, documentation, and also library studies. The Data analysis techniques conducted in this study used the Analysis Interactive Model of Miles and Huberman. The results of the research that has been carried out are in "Marketing Communication Strategy Through Rebranding, the reason Gustika Trans rebranding increases selling power, looking for new consumer interests, creating a new company image. The rebranding process is carried out by Gustika Trans through three stages, namely repositioning, renaming, redesigning, and relaunching.

Keywords: Marketing communication strategy, Rebranding, imagery, PO. Gustika Trans


Abtrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Perusahan Otobus Gustika Trans dalam memperbaiki citra perusahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dengan menggunakan paradigma konstruktivis. Dengan metode penelitian ini, peneliti ingin menganalisis proses berlangsungnya suatu fenomena sosial Rebranding yang dilakukan oleh Gustika Trans dan mengetahui makna yang ada dibalik fenomena dan informasi mengenai strategi komunikasi yang dilakukan Gustika Trans melalui rebranding. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan juga studi pustaka. Teknik Analisis Data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan Analysis Interactive Model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu dalam “Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Rebranding, alasan Gustika Trans melakukan rebranding meningkatkan daya jual, mencari minat konsumen yang baru, membuat citra perusahaan yang baru. Proses rebranding yang dilakukan Gustika Trans melalui tiga tahap yaitu repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Rebranding, Citra, PO. Gustika Trans


Keywords


Strategi Komunikasi Pemasaran, Rebranding, Citra, PO. Gustika Trans

Full Text:

PDF

References


Anggoro, M Linggar. 2000. Teori dan Profesi Kehumasan

Buku brand management (research, teory, and practice) Heding, Knudtzen, & Bjerre, 2009.

Bungin, Burhan. 2004. Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: pt remaja roskadarya.

Duncan, Thomas R. 2002. IMC: Using advertising & promotions to build brands. Newyork: mcgraw grill.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara, observasi, dan focus groups. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta

Keller, K. L. 2013. Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity (4th ed.). England: Pearson Eduacation Limited.

Kotler, Philip. 2002. Prinsip-prinsip Pemasaran. Terj. Herujati Purwoko. Jakarta: Prenhallindo.

Moleong, Lexy J. 1994. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Roskadarya. Bandyng




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24336

Flag Counter   Â