Strategi Promosi Produk Olahan Mangrove melalui E-Commerce( Shopee)

Aditya Prasetyo, Satya Indra Karsa

Abstract


Abstract. This research is a qualitative research to examine marketing management at Rumah Berdari from CSR fostered by PT. Pertamina RU VI (Persero) Balongan This research uses a qualitative approach with a case study method. The data analyzed are the results of interviews with the Field of Observation directly on Supporting Informants, as well as a review of documents in the Independent House of PT. Pertamina (Persero) Balongan. The purpose of this study is to provide a conclusion about the implementation of the promotion strategy and the benefits obtained if the marketing management is applied at Rumah Berdari, where PT. Pertamina (Persero) often faces obstacles in companies related to service activities provided. Data collection through observation or overall observation on the object of research, as well as reading some literature (books, articles, journals, internet, thesis, and so on). The results of this study were carried out with a SWOT analysis found in a self-sufficient house which processes processed mangrove products. From the strength factor using a strategy to tell first what others do not know about mangroves, then by way of Person to person, namely by way of a personal approach to prospective members, the weakness factor Funds or promotion costs are still low so that the lack of facilities owned by Berdikari House and the means for marketing are low, the opportunity factor for the location of Rumah Berdari is very strategic, and finally there is the threat of many more advanced businesses and more modern promotion processes.
Keywords: Marketing Mix, SWOT analysis, Marketing Management, marketing, promotion, promotion strategies, marketing management benefits.

Keywords: Marketing Mix, SWOT analysis, Marketing Management, marketing, promotion, promotion strategies, marketing management benefits.


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti Manajemen pemasaran pada Rumah Berdikari dari binaan CSR PT.Pertamina RU VI (Persero) Balongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan Bidang Pengamatan langsung pada Informan Pendukung, serta telaah dokumen di Rumah Berdikari PT. Pertamina (Persero) Balongan. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan suatu kesimpulan tentang penerapan Strategi promosi serta manfaat yang didapat jika manajemen pemasaran tersebut diterapkan pada Rumah Berdikari, dimana PT. Pertamina (Persero) sering menghadapi hambatan pada perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan pelayanan yang diberikan. Pengumpulan data melalui observasi atau pengamatan secara menyeluruh pada objek penelitian, serta membaca beberapa literatur (buku, artikel, jurnal, internet, skripsi, dan sebagainya). Hasil dari penelitian ini dilakukan dengan analisis SWOT yang terdapat di Rumah berdikari yang mengolah produk olahan mangrove. Dari faktor kekuatan menggunakan strategi untuk menceritakan terlebih dahulu apa yang orang lain tidak ketahui mengenai mangrove, lalu dengan cara Person to person, yaitu dengan cara pendekatan secara personal kepada calon anggota, faktor kelemahan Dana atau biaya promosi masih rendah sehingga kurangnya fasilitas yang dimiliki Rumah Berdikari dan sarana untuk marketing rendah, faktor peluang letak Rumah Berdikari sangat strategis, dan yang terakhir adanya ancaman banyaknya usaha yang lebih maju dan proses promosinya yang lebih modern.
Kata kunci: Marketing Mix, analisis SWOT, Manajemen Pemasaran, pemasaran, promosi, Strategi promosi, manfaat manajemen pemasaran.

Kata kunci: Marketing Mix, analisis SWOT, Manajemen Pemasaran, pemasaran, promosi, Strategi promosi, manfaat manajemen pemasaran.


Keywords


Marketing Mix, analisis SWOT, Manajemen Pemasaran, pemasaran, promosi, Strategi promosi, manfaat manajemen pemasaran.

Full Text:

PDF

References


Laksana, Fajar. Manajemen Pemasaran : Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Graha Ilmu 2008.

McQuail, 2011. “Teori Komunikasi Massa McQuailâ€. Jakarta: Salemba Humanika. Moloeng, lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda

Philip Kotler, 1997. “Manajemen Pemasaranâ€. Jakarta: Prenhallindo.

Dwi Rahayu. 2020. “Pengaruh Modal Usaha, Strategi Pemasaran Dan Pelayanan Prima Terhadap Perkembangan Umkm.†Dalam jurnal pendidikan dan ekonomi : pengaruh modal usaha.

Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 9. Nomor 1, Tahun 2020, (halaman 27-36). Ferdinand,A. 2002. “Kualitas Strategi Pemasaran: Sebuah Studi Pendahuluan.†Dalam jurnal Sains Pemasaran Indonesia : kualitas strategi pemasaran. Universitas Diponegoro. Volume I.Nomor 1, Tahun 2002, (halaman 107-119).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24307

Flag Counter   Â