Hubungan antara Brand Ambassador dengan Minat Beli Konsumen

Raissa Ridani Faulika, Anne Maryani

Abstract


Abstract. Creative strategy in marketing communication is one of important aspect that must be considered at this time. Consumers will be interested in buying a product if they see an advertisement which they thought is unique and creative. One of the attempt in making an attractive advertisements is by using brand ambassador as the spearhead of the company in reaching its target market. The purpose of this research is to determine whether there is a relationship between brand ambassadors and consumers purchasing interest. This research method uses correlational quantitative methods with a total population research of 344 Cimahi City people. The sampling technique in this research is using cluster sampling. Then to taking the total of samples is using the Slovin formula with the sample obtained is a minimum of 77 people. For the collecting data in this research through a research questionnaire and respondent interview. Data analyzed by using the support of IBM SPSS Statistics 24 software with bivariate correlation testing. The result of this research indicate that brand ambassadors and purchasing interest have a strong relation. Then the relationship between the four dimensions of brand ambassadors obtained result that the relationship between visibility dimensions with the purchasing interest is at moderate level. The relationship between credibility dimensions and purchasing interest is at the very strong level. The relationship between the attraction dimensions with the purchasing interest is in the moderate level. The relationship between power dimensions and purchasing interest is at the moderate level.

Keywords: Brand Ambassador, Buying Interest, Advertising


Abstrak. Strategi kreatif dalam melakukan komunikasi pemasaran merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan saat ini. Para konsumen akan tertarik membeli sebuah produk jika mereka melihat iklan yang menurut mereka unik dan kreatif. Salah satu upaya dalam membuat iklan menarik adalah dengan menggunakan brand ambassador sebagai ujung tombak perusahaan dalam menjangkau target pasarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara brand ambassador dengan minat beli konsumen. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan jumlah populasi penelitian sebanyak 344 masyarakat Kota Cimahi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster sampling. Lalu untuk mengambil jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan sampel yang diperoleh yaitu minimal sebanyak 77 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuesioner penelitian dan wawancara responden. Data dianalisis menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 24 dengan pengujian korelasi bivariat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa brand ambassador dengan minat beli memiliki hubungan kuat. Lalu hubungan antara keempat dimensi brand ambassador didapatkan hasil yaitu hubungan antara dimensi visibility dengan minat beli berada dalam tingkat sedang. Hubungan antara dimensi credibility dengan minat beli berada dalam tingkat sangat kuat. Hubungan antara dimensi attraction dengan minat beli berada dalam tingkat sedang. Hubungan antara dimensi power dengan minat beli berada dalam tingkat sedang.

Kata Kunci: Brand Ambassador, minat beli, periklanan.

 


Keywords


Brand Ambassador, minat beli, periklanan.

Full Text:

PDF

References


Belch, George E. dan Michael E. Belch. (2003). Advertising and Promotion, an Integrated Marketing Communication Perspective 6th Edition. New York: MCGraw Hill.

Budiman, Vionita, Riris Loisa dan Nigar Pandrianto. 2018. “Peran Brand Ambassador Pada Iklan Dalam Membangun Brand Awareness†dalam Prologia. Universitas Tarumanagara. Volume 2, Nomor 2, Tahun 2018 (hlm.547).

Hamzah, Fyrda Faradyba. 2018. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Untuk Produk Indiehome Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Kota Makassar dalam Center of Economic Student Journal. Universitas Muslim Indonesia. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2018 (hlm. 125).

Ikhsan, Muhamad. 2018. Pengaruh Terpaan Iklan Bukalapak Versi "Belanja Gila Harga Sakit Jiwa" di Televisi terhadap Minat Beli Mahasiswa di Universitas Riau. Dalam JOM FISIP. Universitas Riau. Volume 5, Edisi 1, Tahun 2018 (hlm. 6).

Rakhmat, Jalaluddin. (2019). Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Susetyarsi, Th. 2013. Analisis Pengaruh Strategi Desain Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Skuter Matik Yamaha Merek Mio Fino Di Kota Semarang dalam Jurnal STIE SEMARANG. STIE Semarang. Volume 5, Nomor 1, Edisi Juni, Tahun 2013 (hlm. 39-40).

“Warisan Kami : Kisah Terobosan Perawatan 150 Tahunâ€.

https://www.ponds.com/id/tentang-ponds/sejarah-ponds.html. 5 Maret 2020. Pk. 19.25




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23951

Flag Counter   Â