Hubungan antara Jingle Iklan Televisi “Mastin Ekstrak Kulit Manggis†Dengan Brand Awareness Produk pada Mahasiswa

Nadira Rahmadina, Dede Lilis

Abstract


Strategi promosi secara umum dapat diketahui terdiri dari beberapa macam konsep promosi yang biasa lebih dikenal dengan nama bauran promosi (promotion mix), salah satu komponennya adalah periklanan. Keberadaan iklan dalam mengenalkan dan mempromosikan sebuah produk akan lebih efektif bila produk yang dipromosikan tersebut memiliki identitas tertentu atau merek tertentu yang membedakannya dengan produk kompetitor. PT Industri Jamu Borobudur menggunakan periklanan televisi dengan memakai sebuah jingle untuk menciptakan kesadaran merek (brand awareness) produk. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara jingle iklan televisi Mastin Ekstrak Kulit Manggis dengan brand awareness produk pada Mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana hubungan pesan verbal dan nonverbal dalam iklan dengan unaware of brand, bagaimana hubungan pesan verbal dan nonverbal dalam iklan dengan brand recognition, bagaimana hubungan  pesan verbal dan nonverbal dalam iklan dengan brand recall, bagaimana hubungan  pesan verbal dan nonverbal dalam iklan dengan top of mind. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan pendekatan korelasional agar hasil yang didapat dapat menggambarkan hubungan antara jingle iklan dengan brand awareness. Hasil penelitian secara keseluruhan diketahui bahwa jingle iklan memiliki hubungan dengan brand awareness produk Mastin hanya saja pesan verbal dalam iklan dengan brand recall dan top of mind tidak memiliki hubungan serta pesan nonverbal dengan unaware of brand dan brand recognition juga tidak memiliki hubungan

Keywords


Bauran Promosi; Periklanan; Brand Awareness

References


A.B. Susanto dan Himawan Wijanarko. 2004. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: PT Mizan Publika.

Alma, Buchari. 1998. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Edisi 2. Bandung: Alfabeta.

Kasali, Rhenald. 1995. Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Grafiti.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Jilid I. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.

____________ 2005. Manajemen Pemasaran (Edisi Kesebelas Jilid Satu). Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, Philip dan Armstrong. 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi Sepuluh Jilid Satu). Jakarta: PT. Indeks Kelompok.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2392

Flag Counter   Â