Pengaruh "Product Placement" dalam "Music Video" terhadap Minat Beli Konsumen

Sintia Rahmawati, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. The study, entitled The Effect of "Product Placement" in "Music Videos" on Consumer Purchase Interest, aims to find out how much influence the Samsung brand product placement in the music video Kill This Love-Blackpink has on consumer buying interest. Then the method used in this study is a quantitative research method with simple linear regression analysis, in which it connects variables with other variables with data collection techniques in the form of questionnaires or questionnaires with the study population namely Blackpink fanbase followers from Twitter account @BLACKPINK_INA. In this study the sampling technique used is Probability Sampling or specifically simple random sampling.

Keywords: marketing, product placement, music video.


Abstrak. Penelitian berjudul Pengaruh “Product Placement†dalam “Music Video†terhadap Minat Beli Konsumen ini, bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari dilakukannya product placement brand Samsung dalam music video Kill This Love-Blackpink terhadap minat beli konsumen. Lalu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana, yang didalamnya menghubungkan variabel dengan variabel-variabel lain dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket atau kuesioner dengan populasi penelitian yakni followers fanbase Blackpink dari akun Twitter @BLACKPINK_INA. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan ialah Probability Sampling atau khususnya simple random sampling.

Kata Kunci: pemasaran, product placement, music video

Keywords


pemasaran, product placement, music video

Full Text:

PDF

References


Febriani, N. S. dan W. W. A. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Fitriah, M. (2018). Komunikasi Pemasaran melalui Desain Visual. Deepublish.

Gunawan, R. (2003). Pengaruh komunikasi pemasaran terpadu terhadap perilaku konsumer (pp. 259–264).

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode. Hidayatul Quran Kuningan.

Huda, N. dkk. (2017). Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi. Kencana.

Kurniawan, R. dan B. Y. (2016). Analisis Regresi: Dasar dan Penerapannya dengan R. Kencana.

Prisgunanto, I. (2018). Implementasi Promosi Bauran Komunikasi Pemasaran Kartu Kredit di Indonesia. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(2), 106.https://doi.org/10.33884/commed.v2i2.473

Santoso, S. (2010). Statistik Multivariat. PT Elex Media Komputindo.

Sitanggang, N. dkk. (2019). Strategi Meningkatkan Kualitas Lulusan Melalui Ketepatan Manajemen. Deepublish.

Subianti, T., & Hudrasyah, H. (2013). Analysis of movies product placement and its effect towards the audience case study: Ayat-Ayat Cinta, Perahu Kertas, Habibie & Ainun movie. Journal of Buiness and Management, 2(2), 163–189.

Sukoco, S. A. (2018). New Komunikasi Pemasaran: Teori dan Aplikasinya. CV. Pustaka Abadi.

Susanto, H. (2004). Sikap Masyarai(At Surabaya Terhadap Iklan Televisi Hendro Susanto’t. 4, 307–315.

https://bisnis.tempo.co/read/57418/53-persen-pemirsa-nilai-iklan-televisi-membosankan (diakses pada 14/11/2019, pukul 15.03)

https://kumparan.com/inspirasi-shopee/3-grup-k-pop-yang-jadi-brand-ambassador-merek-smartphone-ternama-1rQzDxIc4s1 (diakses pada 28/02/2020, pukul 20.59)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23300

Flag Counter   Â