Strategi Manajemen Media dalam Perusahaan Media Cetak

Trisakti Raksanegara, Endri Listiani

Abstract


Abstract. The Daily Pikiran Rakyat Bandung is a media company that has been on the air for 50 years in the West Java region. The famous "PR", is not exclusive to mass communication, as a print media (newspaper) company at the same time has made the main foundation in running the business. There is also something more direct that is related to media management to develop and improve the quality of the company's existence in the market. When implementing media management, PR also resolves various challenges, in this case such as the increasing quality of the company in disseminating a variety of news / information obtained from various sources, as well as discussing how the popularity of print media or newspapers in the now updated, in other words already many customers / readers turn to other media to access / get news. This appears not without cause, the swift flow of developments in information and communication technology, making PR some time overtaken far enough in the dissemination of news by new media or social media that is so fast, even often accurate. Researchers want to study The Strategy of Media Management on Print Media Company, with the aim of this study is to discuss the media management strategies used in tackling the crisis experienced, the reasons for the strategies chosen, and to seek support and use of all strategies. Researchers used qualitative research methods with case studies, by exploring the Pikiran Rakyat’s Management in overcoming the Crisis Reducing Newspapers in Bandung. The subject of this research with the main informant is the party who is in the managerial part of the company. The Daily General Mind of the People of Bandung overcame the crisis of the declining popularity of its printed products (newspapers) by immediately implementing the latest media management strategy. All elements in the company jointly carry out all the latest management strategies with structural and individual responsibilities. Because media management provides assistance to restore the existence of the Common People's Mind Daily product. There are many factors that support and inhibit before, during and after implementing various measures of the latest media management, from the scale of approval to the largest. All the latest media management strategies from PR are quite large in every implementation or from the end results of many activities.

Keywords: Mass Communication, Print Media, Strategy of Media Management.


Abstrak. Harian Umum Pikiran Rakyat Bandung adalah salah satu perusahaan media yang sudah mengudara selama 50 tahun lebih di wilayah Jawa Barat. “PR†inisial terkenalnya, tidak asing dengan komunikasi massa, sebagai perusahaan media cetak (koran) sekaligus sudah menjadikan landasan utama dalam menjalankan roda usaha. Ada pula yang lebih menjurus yaitu terkait manajemen medianya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas sekaligus eksistensi perusahaan di pasar. Saat mengimplementasikan manajemen media, PR pun mengalami terjangan berbagai permasalahan, dalam hal ini seperti turun-naiknya kualitas perusahaan dalam penyerbarluasan ragam berita/informasi dilihat dari segala aspek, serta menemui bahwa popularitas media cetak atau koran di waktu sekarang yang mengalami penurunan, dalam kata lain sudah banyak pelanggan/pembaca yang beralih ke media lain guna mengakses/mendapatkan berita. Hal tersebut muncul bukan tanpa sebab, derasnya arus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, membuat di beberapa waktu PR tersalip cukup jauh dalam penyebarluasan berita oleh media baru ataupun media sosial yang begitu cepat, bahkan acapkali akurat. Peneliti bermaksud ingin mengetahui Strategi Manajemen Media Dalam Perusahaan Media Cetak, dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen media yang digunakan dalam menanggulangi krisis yang dialami, alasan strategi yang dipilih, dan mengetahui dukungan dan hambatan selama menjalankan keseluruhan strategi. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan mendalami mengenai Manajemen Harian Umum Pikiran Rakyat Bandung dalam Menangani Krisis Penurunan Popularitas Koran di Bandung. Subjek penelitian ini dengan informan utama ialah pihak yang berada di bagian manajerial perusahaan. Harian Umum Pikiran Rakyat Bandung menghadapi krisis penurunan popularitas produk cetaknya (koran) dengan sesegera melaksakan perumusan strategi manajemen media terbaru. Seluruh elemen dalam perusahaan bersama-sama melaksanakan segala strategi manajemen terbaru dengan tanggung jawab struktural dan tiap individu. Karena manajemen media memberikan dampak guna memulihkan eksistensi produk Harian Umum Pikiran Rakyat. Terdapat banyak faktor dukungan dan hambatan sebelum, saat, dan setelah melaksanakan berbagai langkah manajemen media terbaru, dari skala terkecil hingga yang terbesar. Seluruh strategi manajemen media terbaru dari PR berdampak cukup besar di tiap pelaksanaan maupun dari segi hasil akhir dari banyak kegiatan.

Kata Kunci: Komunikasi Massa, Media Cetak, Strategi Manajemen Media.

Keywords


Komunikasi Massa, Media Cetak, Strategi Manajemen Media.

Full Text:

PDF

References


Bittner. 1980. John R.Mass communication, an Introduction. Prentice-Hall.

Braden, V., Cooper, I. I., Klingele, M., Powell, J. P., & Robbins, M. G. (2005:68). Crisis-A Leadership Opportunity (No. CADRE/PC-2005-003). JOHN F KENNEDY SCHOOL OF GOVERNMENT CAMBRIDGE MA.

Harashta, Raden Ahmad Fasya, Fardiah, Dedeh, 2020. Pemanfaatan Aplikasi oleh Media Cetak Pikiran Rakyat. Prosiding Jurnalistik; Vol 6, No 1, Prosiding Jurnalistik (Februari, 2020); 51-54

Hasibuan, Malayu S.P., 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Haywood dalam Emeraldy Chatra dan Rulli Nasrullah, Public Relations Strategi Kehumasan Dalam Menghadapi Krisis, 2008. Hal. 5

Vivian John. 2008. Teori Komunikasi edisi kedelapan, Jakarta: Prenanda Media Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23008

Flag Counter   Â