Pengaruh Akun Twitter @womanfeeds terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Skincare & Make Up Followers

Nurul Afifah, Anne Maryani

Abstract


Abstract: Twitter is one of social media that related to user needs. Now twitter is used as social media that have up to date informations. Twitter becomes one of user needs for looking entertainment or information. At this time the autobase feature be used by user for looking certain information. Becomes part of platform social media, Twitter as a media that we used certainly has elements of social media that Context, Communication, Collaboration, and Connection to fulfillment of information needs of skincare & make up followers. Type of research is quantitative research by testing hypotheses simultaneously based on single linear regression. To get a final result, 100 samples taken from 328.000 followers of @womanfeeds’s account. The theory that used is uses and gratifications theory. According to the result, the respondents give a good feedback to variables of social media twitter and the fulfilment of follower’s information needs. Based on the result of the calculation, there is strong relation between social media’s variable account of @womanfeeds of fulfilment informations needed’s variable. And based on the value of the coefficient determination explain that variable of social media twitter has a significant effect on fulfilment information needs.

Keywords: social media, Twitter, and fulfilment of information.

Abstrak: Twitter adalah salah satu media sosial yang berkaitan erat dengan kebutuhan masing – masing penggunanya. Sekarang twitter digunakan sebagai media sosial dengan sumber informasi yang up to date. Twitter menjadi salah satu kebutuhan yang penting bagi penggunanya untuk mencari hiburan atau informasi. Pada saat ini salah satu fitur Twitter yaitu autobase dimanfaatkan oleh penggunanya untuk mencari informasi – informasi tertentu. Menjadi salah satu platform media sosial, Twitter sebagai media yang digunakan pasti mempunyai elemen – elemen dalam media sosial seperti Context, Communication, Collaboration, dan Connection terhadap pemenuhan kebutuhan informasi Skincare & Make Up followers. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang pengujian hipotesisnya secara simultan berdasarkan regresi linear sederhana. Untuk mendapatkan hasil penelitian, diambil 100 sample dari 328.000 followers @womanfeeds dengan menggunakan kuesioner penelitian. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori uses and gratification. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil analisis menunjukan bahwa responden memberikan respon yang cukup baik mengenai pengaruh variabel – variabel media sosial twitter @womanfeeds terhadap pemenuhan kebutuhan informasi skincare & make up followers. Berdasarkan hasil perhitungan, terdapat hubungan yang cukup kuat antara variabel media sosial twitter akun @womanfeeds terhadap variable pemenuhan kebutuhan informasi. Sedangkan berdasarkan nilai koefisien determinasi menjelaskan bahwa variabel media sosial twitter memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi.

Kata Kunci    : Media Sosial, Twitter, Kebutuhan Informasi.



Keywords


Media Sosial, Twitter, Kebutuhan Informasi.

Full Text:

PDF

References


Hadi, Mulya. (2010). Twitter untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom

Muslich, Muhammad. 2010. Metode Pengambilan Keputusan Kuantitatif. Jilid ke – 1. Cetakkan ke – 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rakhmat, Jalaludin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Cetakkan ke – 12. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Juniarto, Eko. 2011. Kicau Twitter Makin Ramai. Intisari, Juni No.578, hlm. 138- 145.

Hani, Shyntia. 2018. “Pengaruh Akun Twitter Ika Natassa Terhadap Keputusan Pembelian Novel The Architecture of Love: Studi Terhadap Followers akun Twitter Ika Natassa.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22987

Flag Counter   Â