Pengaruh “Sales Promotion†di Instagram terhadap Keputusan Pembelian

Arfin Fadila Hardimura, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. Business development in this globalization era is getting tougher, now a days people prefer to use online media for any purpose. The development of culinary business is increasingly rapid and diverse in line with the demands of life's needs. Belah Doeren as a durian specialist from Bandung presents a variety of processed durian menus and markets its products using promotional forms through Instagram. Some companies do not use a form of promotion that ultimately results in a company going bankrupt. So that a company in marketing its products is required to have an attractive promotion strategy in retaining its customers, one of which is by doing a form of promotion that is sales promotion. The research objective is to determine the effect of sales promotion premi, discount, and price packs @belahdoeren on purchasing decisions on active followers. The research method uses a quantitative approach. Data collection techniques using literature study, questionnaires (Google Form), and interviews. In determining the sample using a purposive sampling method. The population in this study is followers of @belahdoeren, amounting to 124 thousand followers. While the samples in this study were 100 active followers from @belahdoeren. The results of this study are, there are two of the three dimensions of sales promotion variables that have a significant influence on purchasing decisions, namely the premium and discount dimensions with sig values of 0,000 and 0,000 respectively because they have a sig value of <0.05. While one other dimension, namely the price package dimension, has a sig value > 0.05 which is equal to 0.077. This shows that the dimensions of the price package do not have a significant influence on purchasing decisions.

Keywords—Sales Promotion, Instagram, Belah Doeren, Purchasing Decision, Active Followers.

 

Abstrak. Perkembangan bisnis di era globalisasi ini semakin ketat, saat ini masyarakat lebih memilih menggunakan media online dalam tujuan apapun. Belah Doeren sebagai durian specialist dari Bandung menghadirkan berbagai macam menu olahan durian dan memasarkan produknya menggunakan bentuk promosi melalui Instagram. Beberapa perusahaan tidak menggunakan bentuk promosi yang pada akhirnya mengakibatkan suatu perusahaan bangkrut. Sehingga sebuah perusahaan dalam memasarkan produknya dituntut untuk memiliki strategi promosi yang menarik dalam mempertahankan pelanggannya, salah satunya dengan cara melakukan bentuk promosi yaitu sales promotion. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh sales promotion premi, diskon, dan paket harga @belahdoeren terhadap keputusan pembelian pada followers aktif. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, kuesioner (Google Form), dan wawancara. Dalam penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu followers dari @belahdoeren yang berjumlah 124 ribu followers. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah followers aktif dari @belahdoeren sebanyak 100 orang. Hasil dari penelitian ini yaitu, terdapat dua dari ketiga dimensi variabel sales promotion yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu dimensi premi dan diskon dengan nilai sig masing-masing 0,000 dan 0,000 karena memiliki nilai sig < 0,05. Sedangkan satu dimensi lainnya yaitu dimensi paket harga memiliki nilai sig > 0,05 yaitu sebesar 0,077. Hal tersebut menunjukan bahwa dimensi paket harga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Sales Promotion, Instagram, Belah Doeren, Keputusan Pembelian, Followers Aktif.


Keywords


Sales Promotion, Instagram, Belah Doeren, Keputusan Pembelian, Followers Aktif.

Full Text:

PDF

References


Gobel, V. S. J. (2017). Analisis Komunikasi Pemasaran Satuan Penugasan Pariwisata Di Provinsi Sulawesi Utara. E-Journal Acta Diurna, Vol. 6 (No.1), Hal.7–10.

Kennedy, J. E., & Soemanagara, D. R. (2006). Marketing Communication Taktik dan Strategi. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer.

Kertamukti, R. (2015). Instagram dan Pembentukan Citra. Jurnal Komunikasi, Vol.08 (No.01), Hal.58.

Kotler, P. (2007). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (Edisi 15). New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Saladin, D. (2011). Intisari Pemasaran dan Unsur - Unsur Pemasaran. Bandung: Agung Ilmu.

Schiffman, L., & Kanuk, L. (2004). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi ketiga). Yogyakarta: Andi.

https://highlight.id/daftar-perusahaan-company-startup-lokal-indonesia-gagal-bangkrut-kenapa-penyebab-alasan/ diakses tanggal 30 Juli 2020, pukul 19:22 pm

https://www.cekaja.com/info/daftar-perusahaan-start-up-yang-bangkrut/ diakses tangal 30 Juli 2020, pukul 19:28 pm




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22978

Flag Counter   Â