Digital Marketing dalam Promosi Kunjungan Wisata

Cica Widianti, Wiki Angga Wiksana

Abstract


Abstract. With the advent of the internet, marketing development to a new level, marketing through the internet is called digital marketing. The research discusses about digital marketing strategy carried out by “Alam Wisata Cimahi†on social media instagram. Alam Wisata Cimahi is a nature tourism place located in Cimahi City with an all in one picnic theme and complete facilities. The research aims to explain how digital marketing strategy of “Alam Wisata Cimahi†in increasing tourist visits. In this research the autors used a qualitative case study method, the source of data collections are Manager Marketing Alam Wisata Cimahi, and will doing observations on social media instagram @alamwisatacimahi that support my research. In this research the authors using the SWOT analysis method (strengths, opportunities, weakness, threats). Based on the research results, Alam Wisata Cimahi involves a digital role starting from determining the target market, conducting sales promotions, collaborating with media promotions, and building image through photos and videos uploaded on instagram.

Keywords—Digital Marketing, Instagram, Analisis SWOT.


Abstrak. Dengan munculnya internet, perkembangan pemasaran menuju level baru, pemasaran melalui internet ini dinamakan sebagai digital marketing. Penelitian ini membahas mengenai strategi digital matketing yang dilakukan oleh Alam Wisata Cimahi di media sosial instagram. Alam Wisata Cimahi merupakan suatu tempat wisata alam yang berlokasi di Kota Cimahi bertemakan piknik all in one dengan fasilitas yang lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi digital marketing Alam Wisata Cimahi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode studi kasus kualitatif, narasumber pengambilan data yaitu pihak Manager Marketing Alam Wisata Cimahi, serta melakukan observasi pada media sosial @alamwisatacimahi yang mendukung penelitian. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode analisis SWOT (strengths, opportunities, weakness, threats). Berdasarkan hasil penelitian, Alam Wisata Cimahi melibatkan peran digital mulai dari menentukan target pasar, melakukan promosi penjualan, bekerjasama dengan media khusus promosi, serta membangun image melalui foto dan video yang di unggah dalam instagram.

Kata Kunci. Pemasaran Digital, Instagram, Analisis SWOT.


Keywords


Pemasaran Digital, Instagram, Analisis SWOT.

Full Text:

PDF

References


Fitriah, Maria. 2018. Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Hidayah, Nurul. 2018. “Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan Living Space dan Efo Storeâ€. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia.

Purwana, Dedi, Rahmi dan Shandy Aditya. 2017. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit†dalam Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Volume 1, Nomor 1, Tahun 2017. (hlm.7).

Suarto, Edi. 2017. “Pengembangan Objek Wisata Berbasis Analisis SWOT†dalam Jurnal Spasial, Tahun 2017. (hlm. 53-34)

Selang, Christian A.D. 2013. “Bauran Pemasaran (Marketing mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado†dalam Jurnal EMBA. Volume 1, Nomoe 3, Tahun 2013 (hlm. 71-80).

Utomo, Tri Raharjo. 2017. “Kontruksi Media Online Nasional Pada Pemberitaan Razia Warung Makan di Kota Serangâ€. Skripsi. Malang: Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang.

Watie, Errika Dwi Setya. 2011. “Komunikasi dan Media Sosial†dalam Jurnal The Messenger. Volume III, Nomor 1, Tahun 2011 (hlm. 70-71).

Wicaksono, M. Arif. 2017. “Pengaruh Media Sosial Instagram @wisatadakwahokura Terhadap Minat Berkunjung Followers†dalam JOM FISIP. Volume 4, Nomor 2, Tahun 2017 (hlm. 7)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22776

Flag Counter   Â