Kepuasan Pendengar dalam Program Urban Pagi-pagi sebagai Program Unggulan Urban Radio

Anggia Nur Oktaviani, Dede Lilis Chaerowati

Abstract


Abstract. The development of technology is currently growing rapidly, especially in the field of information can provide a benefit and satisfaction for its users to find and obtain desired information through the media one of which is radio. Radio listeners will usually be selective in choosing radio broadcasts according to what they like, it is driven by certain motive needs based on what the listener wants to consume radio broadcasts. Broadcast programs become the product of every radio station that must provide satisfaction for its listeners to keep listening to the broadcast program. The concept of satisfaction can be measured through the gratification sought and the gratification obtained. Urban Radio is one of the youth radios in Bandung City which has interesting broadcast programs including the Urban Pagi-Pagi program. For this reason, this study aims to determine "Listener Satisfaction In Urban Pagi-Pagi Program As The Featured Program Of Urban Radio". This research uses descriptive quantitative method, so that there is a population, namely Urban Pagi-Pagi listeners who are taken from the Urban Radio Instagram followers using the Slovin formula to obtain a sample of 85. The results show that listener satisfaction with the program "Urban Pagi-Pagi" is related to information satisfaction, personal identity satisfaction and entertainment satisfaction were stated to be very satisfied, but related to integration satisfaction and social interaction satisfaction were stated as satisfied.

Keywords—Radio, Listeners, Expectancy Value Theory, Satisfaction.


Abstrak. Perkembangan teknologi saat ini semakin berkembang pesat khususnya dalam bidang informasi dapat memberikan suatu manfaat dan kepuasan bagi penggunanya untuk mencari dan memperoleh informasi yang diinginkan melalui media salah satunya radio. Pendengar radio biasanya akan selektif dalam memilih siaran radio sesuai dengan apa yang mereka suka hal itu didorong oleh motif kebutuhan tertentu berdasarkan apa yang dihendaki pendengar untuk mengkonsumsi siaran radio. Program siaran menjadi produk setiap stasiun radio yang harus memberikan kepuasan bagi pendengarnya agar tetap mendengarkan program siaran tersebut.  Konsep kepuasan dapat diukur melalui kepuasan yang dicari dan kepuasan yang didapatkan. Urban Radio merupakan salah satu radio anak muda di Kota Bandung yang memiliki program-program siaran menarik diantaranya program Urban Pagi-Pagi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Kepuasan Pendengar Dalam Program Urban Pagi-Pagi Sebagai Program Unggulan Urban Radioâ€. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, sehingga terdapat populasi yaitu pendengar Urban Pagi-Pagi yang diambil dari followers instagram Urban radio dengan menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel 85. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pendengar terhadap program “Urban Pagi-Pagi†terkait kepuasan informasi, kepuasan identitas pribadi dan kepuasan hiburan dinyatakan sangat puas, namun terkait kepuasan integrasi dan interaksi sosial dinyatakan puas.

Kata Kunci: Radio, Pendengar, Program Siaran, Kepuasan


Keywords


Kepuasan Pendengar dalam Program Urban Pagi-pagi sebagai Program Unggulan Urban Radio

Full Text:

PDF

References


Chaerowati, Dede Lilis. 2007. “Sosialisasi Anak dalam Majalah ‘Bobo.’†Mediator: Jurnal Komunikasi 8(1): 157–64.

Chaerowati, Dede Lilis. 2014. Media Anak Indonesia: Representasi Idola Anak dalam Majalah Anak-anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Dailiati, S. 2018. Kebijakan Retribusi Kebersihan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi Cetakan ke-6. Pertama. Jakarta: Kencana.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa Mcquail. 6 ed. Jakarta: Salemba Humanika.

Morissan, M.A. 2008. Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana.

Morissan, M.A. 2013. Teori Komunikasi Massa, Media, Budaya, dan Masyarakat. ed. Andy Corry Wardhani dan Farid Hamid. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nadie, L. 2019. MEDIA MASSA DAN PASAR MODAL: Strategi Komunikasi bagi Perusahaan Go Public. Jakarta: Pustaka Kaji.

Ningrum, F. 2007. Sukses Menjadi Penyiar, Scripwriter dan Reporter Radio. Jakarta: Niaga Swadaya.

Tamburaka, Apriadi. 2012. Agenda Setting Media Massa. Bandung: Rajawali Pers.

Triartanto, Ius Yudo. 2010. Broadcasting Radio Panduan Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka.

West, Richard, dan Lynn Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi 2. 3 ed. Jakarta: Penerbit Salemba.

Wicaksono, H., Fitriyah, N., & Burhanudin, B. 2015. “Survei Tingkat Kepuasan Pendengar Radio Hot Fm (Studi Deskriptif Terhadap Pendengar Radio Hot Fm Tahun 2015).†Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Yusup, Pawit M, dkk. 2010. Teori & Praktik Penelusuran Informasi: (Information Retrieval). Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22747

Flag Counter   Â