Pengaruh Kampanye Less Waste More Coffee terhadap Gaya Hidup Eco Friendly Konsumen

shaquilla regina yasmin, Wiki Angga Wiksana

Abstract


Abstract. The current increase in the amount of waste is caused by the level of population and standard of life style, namely the more advanced and prosperous a person's life, the higher the amount of waste produced. Waste is goods or objects that have used up their useful value. Work coffee Indonesia carries a very different concept, realizing that the earth as a place where we live is beginning to be threatened due to waste that is not managed properly, especially plastic waste. "Less Waste more Coffee," is a campaign owned by Work Coffee, this campaign is not a general campaign but a campaign created by Greeners.Co, Greeners.Co is an online media with a focus on environmental news and environmentally friendly lifestyles. Therefore, the authors want to know whether the Less Waste More Coffee campaign affects the eco-friendly lifestyle of consumers. Based on these problems, this study entitled the effect of the Less Waste more Coffee campaign on the Eco Friendly Consumer Lifestyle. The type of research used is quantitative research with a simple linear regression study approach with random sampling techniques which resulted in 101 respondents using questionnaire data analysis to @workcoffeebandung followers as of April 29, 2020, and the supporting data for this study were obtained through interviews with several respondents. The theory used in this research is the diffusion theory of innovation. Based on the results of the research conducted, the results of the analysis show that the respondents give a fairly good response regarding the influence of campaign variables on lifestyle. Based on the results of the calculation, there is a strong enough relationship between the Less Waste More Coffee campaign variables and lifestyle variables. Meanwhile, based on the coefficient of determination, it explains that the campaign variable Less Waste more Coffee has a significant influence on the eco-friendly lifestyle of consumers.

Keywords. Campaign, Lifestyle, Eco Friendly, Less Waste

 

Abstrak. Meningkatnya jumlah sampah saat ini disebabkan oleh tingkat populasi dan standar gaya hidup, yaitu semakin maju dan sejahtera kehidupan seseorang makin semakin tinggi jumlah sampah yang di hasilkan. Sampah adalah barang atau benda yang telah habis nilai manfaatnya. Work coffee Indonesia mengusung konsep yang sangat berbeda, sadar bahwa bumi sebagai tempat kita tinggal sudah mulai terancam akibat sampah yang tidak dikelola dengan baik, terutama sampah plastik. "Less Waste more Coffee," adalah sebuah kampanye yang dimiliki oleh Work coffee, kampanye ini bukan kampanye umum melainkan kampanye yang di buat oleh Greeners.Co, Greeners.Co adalah media online dengan fokus pada berita lingkungan hidup dan gaya hidup ramah lingkungan.  Maka dari itu penulis ingin mengetahui apakah kampanye Less Waste More Coffee ini mempengaruhi gaya hidup eco friendly konsumen. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini berjudul pengaruh kampanye Less Waste more Coffee terhadap Gaya Hidup Eco Friendly Konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pendekatan studi regresi linear sederhana dengan teknik random sampling yang menghasilkan sebanyak 101 responden menggunakan analisis data kuesioner kepada followers @workcoffeebandung per tanggal 29 April 2020, serta data penunjang penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan beberapa responden. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori difusi inovasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, hasil analisis menunjukan bahwa responden memberikan respon yang cukup baik mengenai pengaruh variabel- variabel kampanye terhadap gaya hidup. Berdasarkan hasil perhitungan, terdapat hubungan yang cukup kuat antara variabel kampanye Less Waste more Coffee terhadap variable gaya hidup. Sedangkan berdasarkan nilai koefiesien determinasi menjelaskan bahwa variable kampanye Less Waste more Coffee memiliki pengaruh yang signifikan terhadap gaya hidup eco friendly konsumen.

Kata kunci. Kampanye, Gaya Hidup, Eco Friendly, Less Waste.


Keywords


Kampanye, Gaya Hidup, Eco Friendly, Less Waste

Full Text:

PDF

References


Venus, Antar. 2018. Manajemen Kampanye: Panduan Teoretis dan Praktis dalam Mengefektifkan JNKampanye Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sudaryono. 2014. Perilaku Konsumen. Jakarta Pusat: LentaraI lmu Cendekia.

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia

Widiarti, I. W. (2012). Pengelolaan Sampah Berbasis “Zero waste†Skala Rumah Tangga Secara Mandiri. Jurnal Sains &Teknologi Lingkungan, 4(2), 101–11




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22738

Flag Counter   Â