Strategi Promosi Kerajinan Lokal Melalui Instagram. Local Crafts Promotion Strategy Through Instagram.

Salsabila Alif Shaliha, Satya Indra Karsa

Abstract


Abstract. West Java Province is a region that has a variety of arts and culture that must continue to be preserved by the community. Crafts in West Java have various types and types. West Java which consists of 9 Cities and 18 Regencies is an area that has a variety of crafts that can be seeded to have high economic value. This craft can even compete on the world stage not only domestically. Of the many potential cultural arts including crafts in West Java, the West Java Regional Regional Crafts Council is available to help preserve and develop and even socialize the potential of the community in making handwork. The West Java Dekranasda seeks to improve the economics of craftsmen from the handicrafts they have created into high selling points, by promoting the results of handicrafts through social media Instagram through the @jabardekranasda account as a promotional media on local crafts typical of West Java. The purpose of this study is to find out how the process of delivering information, education and promotion messages carried out by the West Java Dekranasda through the use of the Instagram @jabardekranasda social media, to know how the obstacles faced by the West Java Dekransda in the use of Instagram are used as media promotion of local crafts typical of West Java . The method used in this study is a qualitative research method with a case study approach. This research examines contemporary phenomena that are studied in depth regarding promotional strategies through social media Instagram. The results of the research carried out in the process of delivering promotions through Instagram @jabardekranasda, the reason for the West Java Dekranasda doing promotion on social media Instagram is because Instagram is becoming a more transparent and flexible social media. The process of delivering a promotion is by preparing posts and determining the timing of posts. Barriers faced by the Instagram account @ jabardekranasda in delivering promotions are Lack of interaction with consumers and Lack of online marketing knowledge from Local Handicraft producers.

Keywords: Culture, Modernization, Dekranasda West Java

 

 

Abstrak. Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah yang memiliki berbagai macam seni budaya yang harus terus dilestarikan oleh masyarakatya. Kerajinan di Jawa Barat memiliki berbagai macam dan jenisnya. Jawa Barat yang terdiri dari 9 Kota dan 18 Kabupaten menjadi daerah yang memiliki berbagai kerajinan yang dapat diunggulkan hingga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Kerajinan ini bahkan dapat bersaing di kancah dunia bukan hanya di dalam negeri. Dari banyaknya potensi kebudayaan seni yang termasuk kerajinan di jawbarat, Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Barat hadir untuk membatu melestarikan dan mengembangkan bahkan mensosialisasikan potensi yang dimiliki masyarakat dalam membuat kerjainan tangan. Dekranasda Jawa Barat berusaha meningkatan perekonomian pengrajin dari kerajinan tangan yang mereka ciptakan menjadi nilai jual yang tinggi, dengan cara mempromosikan hasil kerajinan tangan melalui sosial media Instagram melalui akun @jabardekranasda sebagai media promosi mengenai kerajinan lokal khas Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penyampaian pesan informasi, edukasi dan promosi yang dilakukan Dekranasda Jawa Barat melalui penggunaan media sosial Instagram @jabardekranasda, untuk mengetahun bagaimana hambatan yang dihadapi Dekransda Jawa Barat dalam penggunaan instagram digunakan sebagai media promosi kerajinan lokal khas Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini meneliti fenomena kontemporer yang dikaji secara mendalam mengenai strategi promosi melalui media sosial Instagram. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu dalam proses menyampaikan promosi melalui instagram @jabardekranasda, alasan Dekranasda Jawa Barat melakukan promosi di media sosial Instagram yaitu dikarenakan Instagram menjadi media sosial yang lebih trnading dan fleksibel. Proses penyampaian promosi yaitu dengan cara mempersiapkan postingan dan mementukan timing postingan. Hambatan yang dihadapi oleh akun Instagram @jabardekranasda dalam menyampaikan promosi yaitu Kurangnya interaksi dengan konsumen dan Kurangnya pengetahuan online marketing  dari produsen Kerajinan Lokal.

Kata Kunci : kerajinan, Instagram, @jabardekranasda

 

 

 

 


Keywords


kerajinan, Instagram, @jabardekranasda

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar. 1994. Strategi Komunikasi. Bandung: CV Armico F Rangkuti. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing. Jakarta. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Denzim, Norman K., and Lincoln, Yvonna S. 1994. Handbook of qualitative research. Thousand Oaks, London, New Delhi: Sage

Kotler, Philip dan Keller, 207, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT Indeks, Jakarta

M.Fitrah, Luthfiyah F. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi. Penerbit CV Jejak.

Rossiter, John R, Larry Percy. 1998. Advertising Communication and Promotion Management. Singapura:McGraw-Hill

.

¬




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22735

Flag Counter   Â