Pengaruh "Sales Promotion" terhadap Keputusan Pembelian

Ajeng Hanifa, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. The high level of business competition in this globalizatuin era has greatly increased because each company has its own uniqueness. Communication becomes important and differentianting things to provide information about the company and something offered to consumers in the form of marketing communications. Communication requires the media to be able to convey its information, the media that are currently often used by all people, namely social media Instagram. On social media Instagram is also one of the competitiveness for companies who want to incrase sales, which is by providing unique information, colors that attract the attention of the audience and clear writing or communication so that is be easily digested by the audience reading it. Social media Instagram becomes a media for Dermies company to attract the attention of consumers as well as the delivery of information about the offer given to the right target. Therefore, the writer wants to know whether the communication in Instagram social media regarding about the offer given by Dermies includes discount, package prices and vouchers is influencing until consumers make a purchase decision. Based on these problems, this research entitled is the effect of sales promotion on Dermies product purchasing decisions. This research uses quantitative methods and a simple linear regression study approach with random sampling techniques to produce as many and 104 respondents using questionnaire data analysis that will be distributed via google form to followers @dermies, and supporting data for this study were obtained through interviews with several respondents and literature studies for support information. The author focuses this research on marketing communication aspects of sales promotions including several dimensions, namely are discount, price packages and vouchers. The result of this study that were analyzed using simple linear regression analysis showed that sales promotions on Instagram @dermies had a significant influence on purchasing decisions on Dermies products, according to the results of the questionnaire that the researchers found on the validity test decision critearia that if rs ≥ 0,40, the questionnaire questions are valid, in this study has more than 0,541 stated that the question items provided to respondents are valid. But from the overall results, there are other factors that influence consumer purchasing decisions on Dermies products that are not examined in this study and researchers discuss in accordance with the results of interviews with several consumer remain Dermies.

Keywords. Communication, Marketing Communicaton, Sales Promotion, Purchase Decision.


Abstrak. Tingginya persaingan bisnis pada era globalisasi ini sangat meningkat karena setiap perusahaan memiliki keunikannya masing-masing. Komunikasi menjadi hal penting serta menjadi hal pembeda untuk memberikan informasi mengenai perusahaan dan sesuatu yang ditawarkan kepada konsumen dalam bentuk komunikasi pemasaran. Komunikasi membutuhkan media agar dapat menyampaikan informasinya, media yang saat ini sering digunakan oleh seluruh masyarakat yaitu media sosial Instagram. Pada media sosial Instagram ini menjadi salah satu daya saing juga untuk para perusahaan yang ingin meningkatkan penjualan, dimana dengan cara memberikan informasi dengan gambar yang unik, warna yang menarik perhatian khalayak serta tulisan atau komunikasi yang jelas sehingga dapat dicerna dengan mudah oleh khalayak yang membacanya. Media sosial Instagram menjadi salah satu media pada perusahaan Dermies untuk menarik perhatian konsumen serta penyampaian informasi mengenai tawaran yang diberikan sampai tepat sasaran. Maka dari itu penulis ingin mengetahui apakah komunikasi dalam media sosial Instagram mengenai tawaran yang diberikan oleh Dermies meliputi diskon, paket harga dan voucher ini mempengaruhi sampai konsumen melakukan keputusan pembelian. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini berjudul pengaruh sales promotion terhadap keputusan pembelian produk Dermies. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan studi regresi linear sederhana dengan teknik random sampling yang menghasilkan sebanyak 104 responden menggunakan analisis data kuesioner yang akan disebarkan melalui google form kepada followers @dermies, serta data penunjang penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan beberapa responden serta studi kepustakaan untuk menunjang informasi. Penulis memfokuskan penelitian ini pada komunikasi pemasaran aspek promosi penjualan meliputi beberapa dimensi yaitu diskon, paket harga dan voucher. Hasil dari penelitian ini yang di analisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana memperlihatkan bahwa promosi penjualan dalam Instagram @dermies memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Dermies, sesuai dengan hasil kuesioner yang peneliti dapat pada kriteria keputusan uji validitas bahwa jika rs ≥ 0,40, maka pertanyaan kuesioner adalah valid, dalam penelitian ini memiliki lebih dari 0,541 yang dinyatakan bahwa item pertanyaan yang diberikan kepada responden adalah valid. Namun dari hasil keseluruhan, ada faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk Dermies yang tidak diteliti pada penelitian ini dan peneliti bahas sesuai dengan hasil wawancara kepada beberapa konsumen tetap Dermies.

Kata kunci. Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian.

Keywords


Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Malang: PT. Gelora Aksara Pratama.

Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson Education, Inc.

Pratidana, D. (2017). Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Brand Image “Bakmi Mewah.†Journal of Experimental Psychology: General, 136(1), 23–42. https://doi.org/10.1136/ip.2010.029629

Ratnasari, A., Hamdan, Y., & Julia, A. (2015). Anne Ratnasari, 2 Yusuf Hamdan, 3 Aan Julia.

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen& Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22732

Flag Counter   Â