City Branding Kota Muntok sebagai Kota Wisata Sejarah

Rizki Ramadhani, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. This research is a case study research on City branding  strategy MuntokCity towards increasing trend of tourist arrivals in the Muntok City. This type of research is gualitative research to analyze the implementation of City branding  strategy Muntok City applied by the Department of Tourism and Culture Departement  of West Bangka. Research conducted at the office of Tourism and Culture Department of West Bangka. Data collection technigues in this research through field research conducted to obtain information and data through interviews, data collection visits, and documentation. Results from this study indicate that the potential and advantages inhistory, Muntok city can have a strong identity as a tourist town. City branding  is not just as a promotional tool only. But also as a unifying and binding of all parties who deal with tourism in order to further improve the guality Muntokservices or products in attracting foreign tourists to visit the Muntok City.

Keywords: City branding , Tourism,  Tourist.


Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus mengenai strategi City branding  Kota Muntok terhadap kunjungan wisatawan di Kota Muntok. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menganalisis tentang implementasi strategi City branding  Kota Muntok yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  Kabupaten Bangka Barat. Penelitian dilaksanakan di kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  Kabupaten Bangka Barat.Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini dilakukan melalui penelitian lapangan untuk mendapatkan informasi maupun data melalui wawancara, pengumpulan data kunjungan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan potensi dan keunggulan di sektor sejarah Kota Muntok dapat memiliki identitas yang kuat sebagai kota wisata. City branding  ini bukan hanya sebagai alat promosi saja. Namun juga sebagai pemersatu dan pengikat dari seluruh pihak-pihak yang berurusan dengan pariwisata Kota Muntok agar semakin meningkatkan kualitas jasa atau produknya dalam menarik wisatawan untuk dapat mengunjungi Kota Muntok.

Kata Kunci: City branding, Pariwisata, Wisatawan


Keywords


City branding, Pariwisata, Wisatawan

Full Text:

PDF

References


Andi , Sadat. 2009. Brand Belief; membangun merek berbasis keyakinan. Jakarta: Salemba Empat.

Anholt, Simon. 2003. Brand New

Justice: Branding Places and Products Help the Developing World. London: Elsever.

Anholt, Simon. 2007. Competitive

identity: The New Brand Management for Nations, Cities and Regions. New York: Palgrave Macmillan.

Kabupaten Bangka Barat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan . 2019. "Pesona Wisata Negeri Seejiran Setason." Muntok: Pemasaran Pariwisata Kabupaten Bangka Barat.

Keller dan Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Moelong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-dasar Pariwisata. . Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wardaya. 2009. Cakrawala Sejarah . Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Yananda, M.Rahmat, dan Salamah. 2014. Branding Tempat: Membangun Kota, Kabupaten dan Provinsi Berbasis Identitas . Jakarta: Makna Informasi.

Intyaswono, Stephen. Edy Yulianto. Mukhammad Kholid Mawardi.

P. 2016. "Peran Strategi City branding Kota Batu Dalam Trend Peningkatan Kunjungan ke Kota Batu)." Jurnal Administrasi Bisnis JAB Vol. 30 No. 1

Barat, BPS Kabupaten Bangka. 2019. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangka Barat . Februari 8. Accessed Agustus 26, 2019. https://bangkabaratkab.bps.go.id/subject/16/hotel-dan-pariwisata.html#subjekViewTab3.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22603

Flag Counter   Â