BRAND EQUITY DARI HAIRCUT AND STUDIO

randy rachmat, Endri Listiani

Abstract


Haircut saat ini menjadi bagian fashion dan lifestyle. Trend ini membuat persaingan usaha di bidang Haircut menjadi kompetitif, yang membuat para pelaku usaha haircut berinovasi untuk dapat bersaing dengan para competitor. Salah satunya inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Haircut and studio. Mereka menciptakan keunggulan-keunggulan yang membedakannya dengan para pesaing melalui pengelolaan merek. Pengelolaan merek dengan tujuan untuk meningkatkan ekuitas merek. Peneliti bermaksud untuk mengetahui ekuitas merek Haircut and studio. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menggambarkan aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh Haircut and studio dalam meningkatkan Brand awareness, perceived of quality, Brand association¸dan Brand loyalty. Brand Awareness dibangun dengan menciptakan diferensiasi dari segi pelayanan dan melakukan kegiatan promosi yang bervariatif. Asosiasi merek dibangun dengan memposisikan diri sebagai produk “lifestyle†serta publikasi melalui media sosial yang didukung perbaikan kualitas produk dan pelayanan. Kemudian perceived of quality dibangun dengan cara memberikan pelayanan yang maksimal. Loyalitas konsumen dipertahankan melalui peningkatan pelayanan yang didukung oleh program-program promo.

Keywords


Urgensi produk Haircut, Studi Kasus, Ekuitas Merek

References


Andi M. Sadat. 2009. Brand Belief; Strategi Membangun Merek Berbasis. Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat.

Durianto, Darmadi, dkk.. 2001. Strategi Menaklukan Pasar : Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Kertajaya, Hermawan. 2010. Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group

Keller, Kevin Lane. 2008. Strategic Brand Management: Building, Measuring, And Managing Brand Equity. New Jersey : Prentice Hall Inc.

Kotler, Philip dan gary Armstrong, 2003, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi. Kesembilan, Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen dan Strategi Merek. Seri manajemen merek 1. Yogyakarta : Andi Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2120

Flag Counter   Â