Hubungan Terpaan Tayangan channel YouTube “RANS Entertaiment†terhadap Perilaku Konsumtif Netizen

Aldri Ramadhan Febrianto, Aning Sofyan

Abstract


Abstrak. Pada hakekat nya manusia sebagai makhluk sosial tentu saja dituntut untuk bisa bersosialisasi dan berinteraksi dengan individu lainnya. Banyak media yang banyak digunakan oleh khalayak pada saat ini, satu diantaranya yang paling banyak digunakan yaitu media sosial YouTube. Seperti kita ketahui, YouTube sendiri merupakan sebuah situs web video sharing (berbagi video) yang populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Menurut hasil riset, 92 persen pengguna Indonesia menyatakan YouTube adalah tujuan pertama mereka ketika mencari konten video. Konten vlog merupakan salah satu konten yang paling banyak diminati oleh khalayak yang ada di Indonesia. RANS Entertaiment juga merupakan salah satu channel YouTube  yang memiliki konten yang diminati oleh khalayak di Indonesia saat ini, hal ini dikarenakan channel ini memiliki banyak viewers nya sampai sejauh ini. Tayangan yang disajikan oleh RANS Entertaiment cukup beragam, namun tak jarang selalu berisikan konten yang mengandung gaya hidup mewah keluarga tersebut.

Dengan berlandaskan Uses and Gratification Theory penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan terpaan tayangan antar channel “RANS Entertaiment†terhadap perilaku konsumtif netizen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data pada penelitian ini didapat melalui penyebaran kuesioner menggunakan google form. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fikom Universitas Islam Bandung yang telah menyatakan bersedia menjadi responden dalam penelitian  ini dan merupakan viewers dari channel RANS Entertaiment. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Hasil penelitian yang di analisis dengan menggunakan analisis inferensial menunjukkan bahwa secara keseluruhan hubungan antara terpaan tayangan channel YouTube RANS Entertaument terhadap Perilaku konsumtif netizen memiliki hubungan yang kuat.

Abstract. In essence, humans as social beings are naturally demanded to be able to socialize and interact with other individuals. Many media are widely used by the public at this time, one of which is the most widely used is YouTube's social media. As we know, YouTube itself is a popular video sharing website where users can load, watch and share video clips for free. According to research results, 92 percent of Indonesian users say YouTube is their first destination when searching for video content. Vlog content is one of the most popular content by audiences in Indonesia. RANS Entertainment is also one of the YouTube channels that has content that is in demand by the public in Indonesia today, this is because this channel has many viewers so far. Impressions presented by RANS Entertainment are quite diverse, but not infrequently always contain content that contains the luxury lifestyle of the family.

Based on the Uses and Gratification Theory, this study aims to find out the relationship between exposure to broadcasts between "RANS Entertainment" channels to the netizen consumptive behavior. The research method used in this study uses quantitative with a correlational approach. The data in this study were obtained through distributing questionnaires using Google Form. The population in this study is the Bandung Islamic University Faculty of Communication Science students who have agreed to be respondents in this study and are viewers of the RANS Entertainment channel. The sampling technique used is simple random sampling. The results of the study that were analyzed using inferential analysis showed that overall the relationship between exposure to YouTube channel broadcasts RANS En­­­­­­­­­tertainment to the consumptive behavior of netizens has a strong relationship.


Keywords


Terpaan Tayangan, YouTube, Perilaku Konsumtif, Uses and Gratification Theory, (Media Exposure, YouTube, Consumptive Behavior, Uses and Gratification Theory)

Full Text:

PDF

References


BUKU :

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Elvinaro, Ardianto, & Erdinaya, Lukiati Komala. 2005. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Hasibuan, Elfina Putri Nanda, “Hubungan Antara Gaya Hidup Brand Minded dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putriâ€, Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara, 2010.

Tambunan, Tulus. 2001. Perekonomian Indonesia : Teori Dan Temuan Empiris. Cetakan Kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sumartono. 2002. Terperangkap dalam Iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi). Bandung: Alfabeta.

JURNAL:

Gumulya, Jessica dan Mariyana Widiastuti. 2013. “Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Esa Unggulâ€, dalam Jurnal Psikologi Volume 11 Nomor 1, Juni 2013 (hal. 51)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.21166

Flag Counter   Â