Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Fortuna FM Sukabumi

Andre Gunawan, M Rochim

Abstract


ABSTRAK Pada saat ini perkembangan media informasi berkembang semakin pesat, jenisnya pun semakin beragam, mulai dari televisi, radio, internet, dan juga media cetak. Fortuna FM adalah salah satu stasiun radio swasta yang ada di Kota Sukabumi, keberhasilan salah satu stasiun radio ataupun media informasi lain yaitu sangat ditentukan oleh keberhasilan program siaran atau acara yang dimiliki. Program acara Off air radio Fortuna FM yang bertemakan “Hiburan rakyat†ini telah berhasil mempertahankan pendengar dan pengiklan, Dari strategi pemasaran yang dibuat oleh radio Fortuna tersebut menjadi menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses perencanan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh radio Fortuna FM, serta untuk mengetahui Radio Fortuna FM Sukabumi menerapkan acara Hiburan Rakyat sebagai bagian dari komunikasi pemasaran. Dalam mengkomunikasikan produk atau jasa kepada konsumen diperlukan pemasaran yang baik untuk mencapai tujuan yang diingkan, “Kotler dan Keller (2012:498) yang menjelaskan bahwa Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jualâ€. Dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran pada proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada Radio Fortuna FM Sukabumi didapati hasil bahwa event bisa meningkatkan pendengar radio dan juga pengiklan.

ABSTRACT Nowadays, the evolution of information media is growing rapidly, the type increasingly diverse, ranging from television, radio, Internet, and also print media. Fortuna FM is one of the private radio stations in the city of Sukabumi, the success of one of the radio stations or other media information is very determined by the success of broadcast programs or events owned. The OFF-Air radio Program of Fortuna FM, themed "People's Entertainment" has successfully retained listeners and advertisers, from the marketing strategy made by the Fortuna radio to be interesting to research. The Purpose of this research are to know the planning process, implementation, evaluation of marketing communication strategy that used by Fortuna FM Radio, and to know that Radio Fortuna FM Sukabumi apply the people entertainment event as part of marketing communication. In communicating a product or service to a consumer it is necessary that good marketing to achieve the goal, “Kotler and Keller (2012:498) had explain that marketing communication is a tool that used by companies in an effort to inform, persuade, and remind consumers either directly or indirectly about the products and brands they sellâ€. In conducting marketing communication strategy of the planning process, implementation, and evaluation of Radio Fortuna FM Sukabumi, we found the result that the event can improve Radio listeners as well as advertisers.


Keywords


Fortuna FM, Strategy, Marketing Communication, Event Hiburan Rakyat

Full Text:

PDF

References


Bovée, C. L., & Thill, J. V. (2011). Business Communication Essentials: A Skills-Based (5 ed.). New Jersey: Pearson Education.

Hadi, S. (2011). Metode Riset Evaluasi.

Yogyakarta: Lakbang Grafika.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Marketing Management (Global Edition ed.). New Jersey: Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15 ed.). New Jersey: Pearson.

Sukarna, D. (2011). Dasar-Dasar Manajemen (2 ed.). CV. Mandar Maju.

Suwatno. (2017). Komunikasi Pemasaran Kontekstual. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sumber Skripsi, Jurnal:

Titani Mega Pertiwi, Udung Noor Rosyad. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Niion untuk Meningkatkan Penjualan).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.21156

Flag Counter   Â