Hubungan antara Promosi Penjualan Gopay dengan Keputusan Mahasiswa Menggunakan Jasa Aplikasi Gojek

Alivia Fatihah, Indri Rachmawati

Abstract


Abstract. The rapid development of information and communication technology provides opportunities for employment and makes it easier for people to meet their needs. One of them is an online application-based transportation service provider, Gojek. One of the Gojek services is Gopay. In order to popularize the use of Gopay, Gojek company dida variety of promo for the services which is available in the Gojek application. Author is interested in identifying whether Gopay promo attracts consumers’ attention to the purchasing stage. This study aims to identify whether there is a relationship and how strong the relationship is between Gopay promo and the interest of students in using Gojek application services. This quantitative research used correlation approach. The data was obtained using literature studies related to Gojek as well as Gopay phenomena, previous research that strongly supported the research problems, and by distributing questionnaires to Faculty of Psychology students batch 2017 who used Gojek application services, author also conducted observations and interviews. This research was conducted started from March to November 2019. The results of this study explained that the research respondents had different responses to Gopay promo. This research also provides suggestions for Gojek companies to meet the needs of the community well and be competitive.

Keywords: Marketing Communication, Gopay Sales Promotion, Purchase Interest.

Abstrak. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat membuka peluang lapangan pekerjaan serta memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satunya yaitu lapangan pekerjaan penyedia jasa transportasi berbasis aplikasi online, Gojek. Salah satu layanan Gojek yakni, Gopay. Guna mempopulerkan penggunaan Gopay, perusahaan Gojek melakukan beragam promosi penjualan untuk layanan yang tersedia di aplikasi Gojek. Peneliti tertarik untuk mengetahui apakah promosi penjualan Gopay menarik konsumen untuk melakukan pembelian melalui jasa aplikasi Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dan seberapa kuat hubungan antara promosi penjualan Gopay dengan Keputusan Mahasiswa Menggunakan Jasa Aplikasi Gojek. Penelitian dengan metode kuantitatif menggunakan pendekatan korelasi. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada Mahasiswa Fakultas Ilmu Psikologi Angkatan 2017 yang menggunakan layanan aplikasi Gojek, peneliti juga melakukan observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret sampai November 2019. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa responden peneliti memiliki respon yang berbeda-beda terhadap promosi penjualan Gopay. Penelitian ini memberikan saran agar perusahaan Gojek dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan baik dan kompetitif.

 

Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Promosi Penjualan Gopay, Minat Beli.


Keywords


Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Promosi Penjualan Gopay, Minat Beli.

Full Text:

PDF

References


VI. Daftar Pustaka

Abidin, Yusuf Zainal. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Bandung: CV PUSTAKA SETIA

Agus, I Putu. 2014. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika

Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehalindo

Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid Dua. Jakarta: Erlangga

McDaniel. 2011. Marketing. 11ed. USA: South-Western Cengage Learning

Silalahi, Uber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, Wiratna dn Endrayanto, Poly. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Skripsi atau Thesis

Aritonang, Yosua Arent Lonardo dan Arisman, Anton. 2018. “Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Pengguna GO-PAY)â€

Huwaydi, Yasir dan Persada, Satria Fadil. 2018. “Analisis Deskriptif Pengguna GO-PAY di Surabayaâ€, dalam Jurnal Teknik ITS Vol. 7, No. 1 (2018)

Maharani, Maulydia., Chan, Arianis dan Tresa, Pratami Wulan. 2017. “Comparison of User Experience On GO-JEK and Grab Mobile Apps (A Study On PT. GO-JEK and PT. Grab Indonesia Consumers in DKI Jakarta)

Rachmawati, Risma. 2016. “Bauran Promosi PT. Go-Jek Indonesia dalam Menarik Minat Konsumen Di Kota Bandung (Studi Deskriptif tentang Bauran Promosi PT. GO-JEK Indonesia dalam Menarik Minat Konsumen di Kota Bandung)

Internet

https://www.viva.co.id/berita/bisnis/700977-kisah-sukses-tan-hooi-ling-wanita-pendiri-grabtaxi Diakses pada tanggal 25 April 2019, 19:00 WIB

https://www.grab.com/id/ Diakses pada tanggal 25 April 2019, 19:30 WIB

http://jabar.tribunnews.com/2019/04/05/hore-gojek-resmi-jadi-decacorn-valuasinya-di-peringkat-19-secara-global Diakses pada tanggal 29 April 2019, 14:44 WIB

https://tekno.kompas.com/read/2018/04/09/08400597/begini-tampilan-aplikasi-uber-setelah-resmi-berhenti-beroperasi Diakses pada tanggal 30 April 2019, 15:07 WIB

https://www.go-jek.com/blog/bayar-lebih-mudah-pakai-go-pay/ Diakses pada tanggal 6 Mei 2019, 13:00 WIB

https://selular.id/2019/01/top-5-mobile-payment-di-indonesia-2018/ Diakses pada tanggal 6 Mei 2019, 13:35 WIB

https://inet.detik.com/cyberlife/d-3496233/mayoritas-pengguna-go-jek-perempuan-single Diakses pada tanggal 3 Mei 2019, 18:17 WIB

https://www.go-jek.com/blog/bayar-lebih-mudah-pakai-go-pay/ Diakses pada tanggal 23 April 2019, 10:45 WIB

http://etheses.uin-malang.ac.id/2612/6/05410051_Bab_2.pdf Diakses pada tanggal 10 Mei 2019, 01:05 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.21051

Flag Counter   Â