Hubungan antara Tayangan Instagram TV Hai Online dengan Keputusan Menonton Film Dua Garis Biru

Ganar Adam Juniarsetiko, Satya Indra Karsa

Abstract


Abstrak. Komunikasi merupakan suatu hal yang penting pada era digital saat ini. Dimana komunikasi memiliki dampak yang begitu penting bagi kehidupan di masyarakat,  Salah satunya adalah penyampaian pesan melalui media massa. Media massa yang saat ini paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah New Media.  New media merupakan teknologi komunikasi digital yang terkoneksi oleh jaringan internet. Instagram adalah sebuah aplikasi yang dapat mengunggah foto dan video dengan menggunakan jaringan internet. ditambah fitur baru instagram yaitu instagram tv. Salah satu channel instagram tv yang sering update untuk memberikan suatu informasi dan pengetahuan yaitu akun instagram Hai online. Konten instagram TV hai online yang banyak menarik perhatian followers yaitu “Zara JKT48, Angga Yunanda dan Gina S Noer Menjawab kontroversi Dua Garis Biruâ€. Penelitian ini melihat hubungan tayangan instagram TV Hai Online “Zara JKT48, Angga Yunanda dan Gina S Noer Menjawab kontroversi Dua Garis Biru†dengan keputusan menonton film Dua Garis Biru di kalangan viewers. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional, menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah viewers yang sudah menonton tayangan “Zara JKT48, Angga Yunanda dan Gina S Noer Menjawab kontroversi Dua Garis Biru†sebanyak 11.900 dibatasi hingga tanggal 30 september 2019. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang termasuk kedalam kategori probability sampling. Hasil penelitian yang di analisis dengan menggunakan analisis inferensial menunjukkan bahwa secara keseluruhan hubungan antara Instagram TV Hai Online dengan Keputusan Menonton Film Dua Garis Biru memiliki hubungan yang cukup berarti.

Abstract. Communication is an important thing in the current digital era where communication has an impact that is so important for life in society, One of them is delivering messages through mass media. The mass media which is currently the most widely used by the public is New Media. New media is a digital communication technology that is connected by the internet network. Instagram is an application that can upload photos and videos using the internet network. Plus the new Instagram feature, Instagram TV. One of the Instagram TV channels that is frequently updated to provide information and knowledge is the Instagram Online Hai account. Online TV Instagram content that has attracted the attention of many followers, namely "Zara JKT48, Angga Yunanda, and Gina S Noer Answering the controversy of the Dua Garis Biru" This study looks at the relationship between the Hai Online TV show "Zara JKT48, Angga Yunanda and Gina S Noer Answering the Dua Garis Biru controversy" with the decision to watch the Dua Garis Biru among viewers. The method used is quantitative with a correlational approach, using data collection techniques in the form of questionnaires, and literature studies. The population in this study are viewers who have watched the shows "Zara JKT48, Angga Yunanda, and Gina S Noer Answering the Dua Garis Biru controversy of 11,900 limited until 30 September 2019. Withdrawing samples using simple random sampling techniques included in the probability sampling category. The results of the study that were analyzed using inferential analysis showed that overall the relationship between Instagram TV Hai Online and the Decision to Watch Dua Garis Biru Films had a significant relationship.


Keywords


Kata Kunci: Tayangan, Instagram TV, Keputusan, Menonton Keywords: Impressions, Instagram TV, Decisions, Watching

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro., Komala, Lukiati., Karlinah, Siti. 2012. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar, Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Prenanda Media Group: Jakarta

Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Romli, Khomsahrial. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: PT Grasindo Anggota Ikapi.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Rakhmat, Jallaludin 2013. Psikologi Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya

Sendjaja, S. Djuarsa. 2005. Teori Komunikasi. Jakarta : Pusat Penerbitan

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.21004

Flag Counter   Â