Hubungan antara Rebranding Gojek dengan Loyalitas Pelanggan

Dilan Suriya Permana, Ike Junita

Abstract


Abstract. The development of technology has an impact on human needs supported by the internet. These developments are utilized by entrepreneurs to create a digital service platform that is packaged through an application inside a smartphone. Gojek is one company that utilizes the development of this technology. After nine years of existence, Gojek rebranding. One interesting reason for Gojek to rebranding is to break away from his old identity which has been attached as an online motorcycle taxi application. There are three key elements that determine the successful implementation of the marketing concept of customer satisfaction, service quality and customer loyalty. The purpose of this study was to determine how the relationship between (1) repositioning, (2) redesign, (3) relaunching with Gojek customer loyalty. The research method used is quantitative research methods with a correlational approach. The population selected in this study were students of the Faculty of Communication at the Bandung Islamic University who used the Gojek service application, amounting to 200 people, with a sample determination based on a random sampling that included probability sampling. Data processing techniques using descriptive analysis and inferential analysis (Rank Spearman) through SPSS software version 25. Based on the results of the study showed a significant relationship between the three dimensions including (1) repositioning by marking new positions, different concepts, expanding targets, giving a positive impression and changing perceptions in the minds of customers, (2) redesign by showing rebranding through changes in the logo that new, the logo change is easily recognizable, the logo is interesting from the previous one, the logo is in accordance with the concept offered, the slogan is easy to remember, understood its purpose and purpose, (3) relaunching by showing rebrand Gojek from social media, choosing the right social media, information delivered to customers clearly and easily understood. The conclusion from this study there is a significant relationship between Gojek rebranding with customer loyalty. This is due to respondents' statements namely on the dimensions of repositioning, redesign, relauching with customer loyalty interrelated in Gojek rebranding

Abstrak. Perkembangan teknologi berdampak pada kebutuhan manusia yang didukung dengan internet. Perkembangan tersebut dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk membuat suatu platform layanan digital yang dikemas melalui aplikasi di dalam smartphone. Gojek merupakan salah satu perusahaan yang memanfaatkan perkembangan teknologi ini. Setelah sembilan tahun berdiri, Gojek melakukan rebranding. Salah satu alasan menarik bagi Gojek untuk melakukan rebranding adalah demi melepaskan diri dari identitas lamanya yang selama ini melekat sebagai aplikasi ojek online. Terdapat tiga elemen kunci yang menentukan kesuksesan implementasi konsep pemasaran yaitu kepuasan konsumen, kualitas layanan dan loyalitas konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara (1) repositioning, (2) redesign, (3) relaunching dengan loyalitas pelanggan Gojek. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung yang menggunakan aplikasi layanan Gojek yang berjumlah 200 orang, dengan penentuan sampel berdasarkan sample random sampling yang termasuk probability sampling. Teknik pengolah data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial (Rank Spearman) melalui software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hubungan yang cukup berarti antara antara ketiga dimensi tersebut diantaranya (1) repositioning dengan menandakan posisi baru, konsep berbeda, target meluas, memberi kesan positif dan mengubah persepsi di benak pelanggan, (2) redesign dengan memperlihatkan rebranding melalui perubahan logo yang baru, perubahan logo mudah dikenali, logo menarik dari yang sebelumnya, logo sesuai dengan konsep yang ditawarkan, slogan yang mudah diingat, dimengerti maksud dan tujuannya, (3) relaunching dengan memperlihatkan rebranding Gojek dari media sosial, pemilihan media sosial yang tepat, informasi disampaikan kepada pelanggan dengan jelas dan mudah dimengerti. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan yang cukup berarti antara rebranding Gojek dengan loyalitas pelanggan. Hal ini disebabkan karena pernyataan responden yaitu pada dimensi repositioning, redesign, relauching dengan loyalitas pelanggan saling berhubungan pada rebranding Gojek.


Keywords


Rebranding, Customer Loyalty, Gojek ; Rebranding, Loyalitas Pelanggan, Gojek

Full Text:

PDF

References


Dasuki, David. 2017. “Pengaruh Corporate Rebranding Terhadap Loyalitas Konsumen PT Eiger Melalui Brand Association dan Reputasi Perusahaan (Studi pada UKM Pencinta Alam di Bandar Lampung)â€. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran.Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Muzellec, Laurent. 2003. Corporate Rebranding - An Exploratory Review. Irish Marketing Review, 16 (2), 31-40. Retrieved from Emerald Journal Database.

Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran, Ed. III. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Tjiptono, Fandi dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategi. Yogyakarta: Andi Offset.

Triwardhani, Ike Junita & Trigartanti, Wulan. 2018. “Supportive Communication in Developing Housewife’s Entrepreneurial of Home-Based Industryâ€, dalam Jurnal Mimbar, Universitas Islam Bandung, Bandung, 1 Juni 2018 (hlm. 61-71).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20915

Flag Counter   Â