Pengaruh Infografis Tirto.id terhadap Brand Identity Tirto.id di Kalangan Mahasiswa

Muhammad Iqbal, Indri Rachmawati

Abstract


Guna memanfaatkan teknologi saat ini, dan ditambah dengan beragam keahlian yang dimiliki manusia, kini terdapat jenis informasi berbasis infografis. Infografis digunakan agar dapat mempermudah pembaca dalam memahami narasi sebuah berita maupun memahami proses sebuah penelitian ilmiah yang dipublikasikan.

Karena itu peran infografis sangat dibutuhkan di era digital untuk kegiatan marketing sebuah media online, mengingat identitas merek produk yang kuat akan membuat pelanggan menyukai suatu produk dengan merek yang bersangkutan dikemudian hari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh infografis Tirto.id terhadap Brand Identity. Penelitian ini dilakukan kepada HIMA-KOM FISIP UNPAS periode kepengurusan 2019-2020 dari populasi 240 orang ditentukan sampel sebanyak 36 orang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif kausal-asosiatif dengan metode survey kuesioner terstruktur, untuk mengetahui bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Analisi kuantitatif yang dilakukan meliputi, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan multivariat analysis of variance (uji manova).

Hasil analisis data terdapat pengaruh signifikan variabel infografis terhadap 3 konsep Brand Identity yaitu merek sebagai produk dengan nilai sig. 0,000, artinya semakin lengkap dan mudah dijangkaunya produk infografis Tirto.id, maka semakin mudah diketahui konsumen/audiens yang otomatis akan berpengaruh pada identitas merek.

Merek sebagai personifikasi dengan nilai sig. 0,000, artinya desain dan penggunaan bahasa pada infografisnya Tirto.id selalu mengikuti arus perkembangan zaman seperti menggunakan bahasa gaul atau bahkan bahasa daerah yang disampaikan secara humor dan ilustrasi-ilustrasi ‘kekinian’. Semakin banyak dimensi merek yang dikembangkan dalam infografis untuk mendukung pembangunan sebuah merek semakin cepat pula tujuan untuk menjelaskan maksud sebuah merek dan memberikan dasar yang kuat dalam membangun merek.

Dan merek sebagai simbol dengan nilai sig. 0,000, artinya semakin banyak asosiasi yang muncul pada sebuah merek semakin besar kemungkinan pelanggan mengingat pesan yang ingin disampaikan dan ini berpengaruh pada brand identity Tirto.id. Asosiasi yang telah berhasil dilakukan Tirto.id ialah infografis jenaka dengan penyampaian pesan yang kritis. Asosiasi ini sudah menjadi simbol yang melekat pada Tirto.id berdasarkan penelitian yang dilakukan.

Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh ialah merek sebagai organisasi dengan nilai sig. 0,214 yang mana > 0,05 sehingga variabel infografis tidak berpengaruh pada variabel merek sebagai organisasi.


Keywords


Brand Identity, Infographics, Online Mass Media

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20761

Flag Counter   Â