Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan

Yuda Maulana Supriadi, Aning Sofyan

Abstract


Abstract. Bandung City is a city that always attracts local and international tourists with its tourist destinations. With the growth of tourism in the city of Bandung, hotel entrepreneurs are competing to innovate to compete with others. One of them is a hotel capsule concept hotel called "Bobobox Capsule Hotel". This hotel capsule provides a place to rest at affordable prices with a different experience than conventional hotels. With the support of modern technology, Bobobox Capsule Hotel provides a different experience. The purpose of this study is to determine the relationship between service quality consisting of tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy with customer satisfaction as the dependent variable, this study uses the theory of Contrast Theory from Carl I. Hovland. The method used is a correlational method using data collection techniques in the form of questionnaires. The population in sampling used is probability sampling using simple random sampling. The conclusion of this study is that there is a significant relationship between Service Quality and Customer Satisfaction with Bobobox Capsule Hotel.

Keywords: Tourism, Capsule Hotel, Service Quality, Customer Satisfaction

Abstrak. Kota Bandung merupakan kota yang selau menarik minat wisatawan lokal maupun internasional dengan destinasi wisatanya. Dengan bertumbuhnya pariwisata di Kota Bandung membuat para pengusaha bidang hotel berlomba – lomba berinovasi untuk bisa bersaing dengan yang lainnya. Salah satunya yaitu hotel berkonsep kapsul hotel yang bernama “Bobobox Capsule Hotelâ€. Kapsul hotel ini memberikan tempat beristirahat dengan harga terjangkau dengan pengalaman menginap yang berbeda dengan hotel konvensional. Dengan dukungan teknologi modern menjadikan Bobobox Capsule Hotel memberikan pengalaman yang berbeda.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat, penelitian ini menggunakan teori Contrast Theory dari Carl I. Hovland. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuisioner. Populasi dalam penarikan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan menggunakan simple random sampling . Dari penelitian ini ditemukan kesimpulan, bahwa terdapat hubungan yang signifikan yang cukup berarti antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan Bobobox Capsule Hotel.

Kata Kunci: Pariwisata, Hotel Kapsul, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan


Keywords


Tourism, Capsule Hotel, Service Quality, Customer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip. 2000. Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Prenhalindo.

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi Baru.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19475

Flag Counter   Â