Hubungan Perilaku Pencarian Informasi dengan Kepuasan Pengguna dalam Menggunakan Media Sosial V Live

Fani Fitri Nurianti, Udung Noor Rosyad

Abstract


Abstract. Various kinds of social media are now present increasingly sophisticated and modern. one of the most popular social media among K-popers is V Live. V Live is an application that can eliminate the existing limitations due to the far location between the idol and fans who are outside of South Korea. In this study, researching on channel V Live BTS and the respondents are members of the Amino-Bandung Army BTS community.. This study seeks to explain the relationship between information seeking behavior and satisfaction with using V live. Clearly how much the relationship between information seeking behavior that consists of psychological conditions, demographics, roles, environment, and characteristics of information sources on satisfaction using V Live. The theory used to support the variable (X) information seeking behavior is information seeking behavior theory, while the variable (Y) uses four indicators including information inquiry, social relationship, social presence, and media richness. A quantitative method with a correlational approach was used in this study to examine whether there was a relationship between information seeking behavior and satisfaction with using V live. The results showed that (1) psychological condition had a moderate but positive relationship to satisfaction in using V Live for members of the Amino-Bandung Army BTS community (2) demographics had a moderate but positive relationship to satisfaction in using V Live for members of BTS Army Amino-Bandung community(3) the role of having a low but positive relationship with satisfaction in using V Live for members of the BTS Army Amino-Bandung community (4) environment has a low but positive relationship with satisfaction in using V Live for members of the BTS Army Amino-Bandung community(5) the characteristics of information sources have a moderate but positive relationship with satisfaction in using V Live for members of the BTS Army Amino-Bandung community.

Abstrak. Berbagai macam media sosial kini hadir semakin canggih dan modern. salah satu media sosial yang terkenal dikalangan K-popers ialah V Live. V Live merupakan aplikasi yang dapat menghilangkan batasan-batasan yang ada karena letak yang jauh antara idol dengan penggemar yang berada diluar Korea Selatan. Dalam penelitian ini meneliti di channel V Live BTS dan respondennya adalah anggota komunitas BTS Army Amino-Bandung. Penelitian ini berusaha menjelaskan hubungan perilaku pencarian informasi terhadap kepuasan dalam menggunakan V live. Lebih jelasnya seberapa besar hubungan perilaku pencarian informasi yag terdiri dari kondisi psikologis, demografis, peran, lingkungan, dan karakteristik sumber informasi terhadap kepuasan menggunakan V Live. Teori yang digunakan untuk mendukung variabel (X) perilaku pencarian informasi yaitu teori perilaku pencarian informasi, sedangkan variabel (Y) menggunakan empat indikator meliputi information inquiry, social relationship, social presence, dan media richness. Metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional digunakan dalam penelitian ini untuk menguji ada tidaknya hubungan perilaku pencarian informasi terhadap kepuasan dalam menggunakan V live. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)kondisi psikologis memiliki hubungan yang sedang tetapi positif terhadap kepuasan dalam menggunakan V Live  bagi anggota komunitas BTS Army Amino-Bandung (2)demografis  memiliki hubungan yang sedang tetapi positif terhadap kepuasan dalam menggunakan V Live bagi anggota komunitas BTS Army Amino-Bandung (3)peran memiliki hubungan yang rendah tetapi positif terhadap kepuasan dalam menggunakan V Live bagi anggota komunitas BTS Army Amino-Bandung (4)lingkunga memiliki hubungan yang rendah tetapi positif terhadap kepuasan dalam menggunakan V Live bagi anggota komunitas BTS Army Amino-Bandung (5)karakteristik sumber informasi memiliki hubungan yang sedang tetapi positif terhadap kepuasan dalam menggunakan V Live bagi anggota komunitas BTS Army Amino-Bandung.


Keywords


Perilaku Pencarian Informasi, Media Sosial, Kepuasan, V Live

Full Text:

PDF

References


Arianti Gusmia. 2017. Kepuasan Remaja Terhadap Penggunaan Media Sosial Instragram Dan Path. Wacana. Volume 16 No. 2.

Damayanti, Nia Erna: Rosyad, Noor Udung. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Ojek Online Grab terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Grabbikeâ€. Prosiding Manajemen Komunikasi. Vol 4. No.2.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Triwiarma Vira, Sugandi Syahriar Mohamad. 2018. Perilaku Komunikasi K-Popers Dalam Interaksi Sosial Melalui Aplikasi V–Live Video Broadcasting (Studi Fenomenologi K-Popers Dalam Interaksi Sosial Melalui Aplikasi V–LivVideo Broadcasting). Jurnal Ilmiah. Vol. 12 No. 1.

West, Richard dan Turner, Lynn H. (2010). Introducing communication theory: analysis and application fourth edition. New York: Mc-Graw-Hill.

Wilson, T.D. 2000. “Recent trends in user studies: action research and qualitative methodsâ€. Information Research, vol. 5, no. 3.

Yusup, Pawit M dan Subekti Priyo. 2010. Teori & Praktik Penelusuran Informasi (Informasi Interval). Jakarta: Kencana Preneda Media Group.

Yusup, Pawit M. 2009. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19434

Flag Counter   Â