Strategi Event Marketing PT. Kilau Indonesia

Charynna Clarita, Satya Indra Karsa

Abstract


Abstract. Event is one way to by the association to draw near the company with the community .Perform a marketing event are the activities is effective .Soundrenaline , one of the festival music se southeast asia largest , that have to date be annual music festival held since 2002 .The event is a great way considered potential in promoting a thing because it could improve sense of belonging and to give direct experience to their customers to a brand. Research was limited mostly to the application of marketing event by pt .Luster indonesia as the insurer Soundrenaline “United We Loud†2017. The purpose of this research that will need to be a very event organizer , the process of event marketing as a medium product promotion in stimulate consumers and to know the hallmark of Soundrenaline “United We Loud†2017 . Researchers used the qualitative method with the approach a case study .Data collection techniques i have done in the interview was used in the study , observation , documentation and the study literature available . In the test the validity of researchers used a source of triangulation .The result of this research there are two parcels of capability of being need to event organizer as a global network of marketers that is their ability to of marketing communications and the design of .In the process there are the process of event marketing and brand activation that are already operating in organized .There are two reasons the presentation of techniques become a mainstay in the implementation of the event marketing in Soundrenaline “United We Loud†2017 .This technique can menajadi covering the presentation of the unique characteristics of on soundrenaline , and can be an attraction of interacting with visitors to the product .

Keyword: A music festival, the event marketing, the communications strategy, marketing brand activation

 

Abstrak. Event merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendekatkan antara perusahaan dengan masyarakat. Mengadakan suatu event merupakan kegiatan pemasaran yang dinilai cukup efektif. Soundrenaline, salah satu festival musik terbesar se Asia Tenggara, yang hingga kini menjadi festival musik tahunan yang sudah digelar sejak tahun 2002. Event menjadi cara yang dianggap potensial dalam mempromosikan suatu hal karena dapat meningkatkan sense of belonging dan memberi pengalaman langsung bagi konsumen terhadap suatu merek. Penelitian ini dibatasi pada penerapan event marketing oleh PT. Kilau Indonesia sebagai penyelenggara Soundrenaline “United We Loud†2017. Tujuan dari penelitian ini mengetahui kemampuan yang perlu dimiliki seorang event organizer, proses event marketing sebagai media promosi produk dalam merangsang konsumen dan untuk mengetahui ciri khas dari Soundrenaline “United We Loud†2017 Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Dalam uji keabsahan peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini tedapat dua bidang kemampuan yang perlu dimiliki seorang event organizer ebagai pemasar yaitu kemampuan dalam komunikasi pemasaran dan perancangan. Dalam proses tersebut terdapat proses event marketing dan brand activation yang sudah berjalan secara terorganisir. Terdapat dua alasan teknik penyajian menjadi andalan dalam penerapan event marketing di Soundrenaline “United We Loud†2017. Hal tersebut meliputi teknik penyajian dapat menajadi ciri khas pada Soundrenaline, dan dapat menjadi daya tarik pengunjung dalam berinteraksi dengan produk.

Kata Kunci : festival musik, event marketing, strategi komunikasi pemasaran, brand activation


Keywords


festival musik, event marketing, strategi komunikasi pemasaran, brand activation

Full Text:

PDF

References


A, M. M. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Penerbit Kencana.

Belch, G., & Michael, A. B. (2004). Advertising and Promotion an Intergrated Marketing Communication Persepective. New York: McGraw Hill.

Cangara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Effendy, O. U. (2007). Ilmu Komunikasi ( Teori dan Praktek). Bandung: Remaja Rosdakarya

Hasibuan, H. M. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulayana, D. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, S. J. ( 2013). Perilaku Konsumen (edisi revisi). Jakarta : Kencana Perdana Media Grup.

Sumber Lain

Jurnal Ilmiah :

Peter Christian Panjaitan (et al), “Pengaruh Event Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashionâ€, Skripsi, Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hlm.65

Andi Aji Saronto, Program Studi Ilmu Administrasi Niaga, “Pengaruh Evet Marketing Cornetto Summer Music Festival 2012 Terhadap Minat Beli Cornettoâ€, Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Indonesia, Jakarta, Hlm.205

Dina Cahya Ningrum, “Strategi Komunikasi pemasaran Melalui Event Dalam Pembentukan Brand Equityâ€, Skripsi, Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta, Hlm.25




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19234

Flag Counter   Â